In-depth

Sejarah Aksi Penyelamatan Tak Masuk Akal David Seaman di Laga ke-1.000

Selasa, 13 April 2021 08:05 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Arsenal
Penyelamatan legendaris kiper Arsenal, David Seaman, dalam pertandingan Piala FA kontra Sheffield United, 13 April 2003. Copyright: © Arsenal
Penyelamatan legendaris kiper Arsenal, David Seaman, dalam pertandingan Piala FA kontra Sheffield United, 13 April 2003.

INDOSPORT.COM - Masih ingatkah Anda kepada David Seaman? Kiper yang memiliki ciri khas rambut panjang dikuncir plus berkumis tebal itu merupakan bagian penting dalam masa-masa kejayaan Arsenal di akhir dekade 1990-an sampai awal 2000-an.

Seaman tercatat melakoni 1.032 pertandingan selama 22 tahun merumput di lapangan hijau. Jumlah tersebut adalah gabungan seluruh penampilan di level klub (957) dan timnas Inggris (75).

Sepanjang kariernya, Seaman telah ratusan, bahkan ribuan kali melakukan penyelamatan, tapi aksi paling spektakuler sekaligus paling membekas di benak penikmat sepak bola Inggris terjadi dalam pertandingan semifinal Piala FA 2002-2003 kontra Sheffield United.

Ketika itu, Arsenal memenangi laga dengan skor tipis 1-0 berkat gol semata wayang Freddie Ljungberg. Namun, pujian justru mengalir deras untuk Seaman yang memamerkan refleks luar biasa untuk menyelamatkan gawang timnya, 13 April 2003.

Peristiwa bersejarah itu terjadi pada menit ke-84 sewaktu David Seaman menggagalkan sundulan jarak dekat gelandang Sheffield United, Paul Peschisolido dalam situasi kemelut di muka gawang Arsenal. Dia terbang menepis bola kendati sempat terkecoh dan bergerak ke arah berlawanan.

Momen itu kian terasa istimewa karena bertepatan dengan laga ke-1.000 Seaman sepanjang karier. Sang kiper memang tengah berada di pengujung karier mengingat usianya sudah hampir berkepala empat!

“Benar-benar hebat. Sungguh penyelamatan terbaik yang pernah saya lihat seumur hidup," puji kiper legendaris Manchester United, Peter Schmeichel, sepeti dilansir BBC Sport

"Sulit dipercaya. Dalam kondisi badan tak seimbang, Seaman masih mampu menjangkau dan mencegah gol tepat di garis gawang," cetusnya. 

Tak cuma Peter Schmeichel, mantan striker kenamaan Inggris yang waktu itu menjadi presenter BBC, Gary Lineker, ikut-ikutan angkat bicara. Dia menyamakan aksi David Seaman dengan penyelamatan abad ini milik Gordon Banks di Piala Dunia 1970.

"Salah satu penyelamatan terbaik sepanjang sejarah sepak bola. Mungkin bisa dibilang sejajar dengan Gordon Banks," ujar Gary Lineker.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%