Bola Internasional

Balas UEFA, Perez Jamin Tim-tim European Super League Aman di Liga Champions

Selasa, 20 April 2021 13:01 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© getty images
Florentino Perez yakin UEFA hanya gertak sambal belaka dan meyakinkan jika Real Madrid, Manchester City, dan Chelsea aman di Liga Champions meski ikut Liga Super Eropa. Copyright: © getty images
Florentino Perez yakin UEFA hanya gertak sambal belaka dan meyakinkan jika Real Madrid, Manchester City, dan Chelsea aman di Liga Champions meski ikut Liga Super Eropa.

INDOSPORT.COM - European Super League atau Liga Super Eropa membuat geram UEFA hingga akan menendang para 'pembelot' yakni Real Madrid, Chelsea, dan Manchester City dari semifinal Liga Champions. Florentino Perez malah sangsikan itu.

Mendadak kompetisi terbesar khusus tim-tim elit terbentuk melibatkan 12 tim-tim besar Eropa. Manchester United, City, Arsenal, Tottenham, Liverpool, Chelsea, AC Milan, Inter, Juventus, Atletico, Barcelona, dan Real Madrid bakal lakoni pentas baru.

Ya, dengan Perez yang juga presiden Los Blancos sebagai ketuanya kompetisi independen lahir menyaingi Liga Champions. Lewat sokongan bank JP Morgan, 6 miliar euro (Rp104 triliun), pentas ini akan berlangsung Agustus atau musim 2023-2024 mendatang.

Dianggap sebagai upaya penghinaan sekaligus gunakan ajang sepak bola untuk bisnis semata tentu saja buat UEFA naik pitam. Menggandeng FIFA, mereka mengecam gelaran ini mulai dari terusir dari liga domestik, Eropa, hingga Piala Dunia.

Gilanya lagi, suatu gagasan pun disampaikan oleh salah satu anggota eksekutif UEFA bernama Jesper Moller. Dalam wawancara DR Sport, ia berkata: "Akan ada klub yang terusir pada Jumat nanti, lantas kalian akan tahu akhir dari Liga Champions."

Jika benar demikian, semifinalis seperti Chelsea, Manchester City, dan Real Madrid berpotensi tak akan bisa melanjutkan kompetisi terbesar seantero Eropa karena termasuk dalam 12 tim Founding. Jika benar, maka PSG-lah yang bakal jadi juara instan.

Berlanjut ancaman besar Aleksander Caferin selaku presiden UEFA ke klub-klub Liga Super Eropa, Florentino Perez malah sesumbar jika itu semua omong kosong. Pasalnya, tiga tim tersebut terlindungi hukum dan UEFA tak punya hak berikan hukuman berat.