Liga Indonesia

Pemain PSIS Merasa Ada yang Hambar Jalani Turnamen di Era New Normal

Rabu, 21 April 2021 16:45 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Media PSIS
Pemain PSIS, M. Rio Saputro, ketika menjalankan prosedur protokol kesehatan di Piala Menpora. Copyright: © Media PSIS
Pemain PSIS, M. Rio Saputro, ketika menjalankan prosedur protokol kesehatan di Piala Menpora.

INDOSPORT.COM - Bek PSIS Semarang, M. Rio Saputro, mengaku ada yang berbeda pada saat dirinya menjalani turnamen Piala Menpora 2021 beberapa waktu lalu.

Apabila biasanya pada saat PSIS bertanding selalu mendapat dukungan penuh dari Panser Biru dan Snex, kali ini ia dan rekan-rekannya harus bermain tanpa dukungan penonton di lapangan.

Hal ini tentu dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum mereda dan mau tidak mau kompetisi atau turnamen sepak bola harus dilaksanakan tanpa penonton di era new normal seperti saat ini.

“Pertandingan tanpa penonton tentu sangat berbeda sekali. Karena biasanya kami kalau bertanding selalu mendapat dukungan penuh dari suporter yang hadir ke stadion,” tutur M. Rio di Semarang, Rabu (21/04/21).

Tetapi Rio juga mengaku harus legawa karena yang terpenting aktivitas sepak bola Indonesia kembali berjalan setelah satu tahun lebih vakum dan berdampak pada kehidupan ekonomi pelaku sepak bola.

“Tetapi mau bagaimana lagi, aturan tersebut harus ditaati dan dilaksanakan oleh semua pihak demi sepak bola Indonesia kembali jalan setelah satu tahun lebih vakum,” lanjut pemain yang bergabung di PSIS sejak tahun 2016 ini.

Menurut Rio, kehadiran penonton atau pemain ke-12 di lapangan selalu menjadi motivasi tersendiri bagi setiap pemain, termasuk dirinya yang sudah terbiasa dengan dukungan puluhan ribu penonton di dalam stadion.

Ia tak menampik bahwa penonton bisa menciptakan energi berlipat ganda pada saat timnya bertanding.

“Suporter atau penonton selalu menjadi energi tersendiri bagi kita semua pemain. Kalau mereka hadir di stadion, semangat kami berlipat-lipat. Saya rasa tak hanya saya, semua pemain juga akan memiliki pendapat yang sama,” tandasnya.