Liga Indonesia

Eks Kapten Timnas Bicara Final Piala Menpora antara Persija vs Persib

Sabtu, 24 April 2021 11:35 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan kapten Persib, Firman Utina, di Bandung Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan kapten Persib, Firman Utina, di Bandung

INDOSPORT.COM - Mantan kapten timnas Indonesia, Firman Utina, turut berkomentar mengenai pertandingan leg pertama final Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta kontra Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/21).

Menurutnya, Persija bermain lebih siap dibandingkan dengan Persib. Buktinya adalah kubu Macan Kemayoran langsung menggempur pertahanan Maung Bandung setelah wasit meniup peluit kick-off.

Pertandingan belum berjalan semenit, Persija sudah unggul 1-0 melalui gol yang diciptakan oleh Braif Fatari dan tak lama berselang tepatnya di menit ke-7 giliran Taufik Hidayat.

"Leg pertama menurut saya sih Persib kalah. Kesiapannya lebih dimiliki Persija karena hal yang mereka lakukan adalah langsung tancap gas dan menghasilkan gol di menit-menit awal. Hanya beberapa detik, gol paling cepat," kata Firman Utina kepada wartawan, Jumat (23/4/21).

"Berarti para pemain Persib tidak siap. Saya lihat sih seperti itu, wajar dengan kerja keras yang lebuh siap, Persija bisa Begini. Lebih kepada kaget saja gol pertama dan gol kedua sangat cepat," ucapnya.

Memasuki babak kedua, Firman menilai permainan skuat Maung Bandung mulai mengalami peningkatan. Meski begitu, kokohnya lini pertahanan Persija, membuat Supardi Nasir dkk. tidak bisa mencetak gol, sehingga pertandingan berakhir untuk keunggulan Macan Kemayoran dengan skor 2-0.

"Memang ada peningkatan, mulai ada perubahan, sistem bermain juga mulai berubah dengan counter dan pressing di depan. Tapi Persija punya pemain pemain pengalaman juga ada Maman Abdurrahman dan Tony Sucipto juga kan. Pemain lokal malah yang bermain di posisi itu," ungkapnya.