Bola Internasional

Adaptasi di Liga Korea Selatan Berjalan Sukses, Begini Rahasia Asnawi Mangkualam

Rabu, 28 April 2021 18:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pesepakbola muda Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar mengatakan proses adaptasinya di klub Korea Selatan, Ansan Greeners FC berjalan lancar. Dia dibantu rekan setim dan masyarakat Indonesia yang menetap di Negeri Gingseng.

Bukti lancarnya adaptasi itu terlihat di lapangan, ketika Asnawi mulai dipercaya tampil sebagai starter di K-League 2 (kompetisi kasta kedua Liga Korea Selatan). Sejauh ini, eks PSM Makassar itu sudah memainkan lima laga dan menorehkan satu assist.

"Kalau soal adaptasi sekarang sudah mulai bisa karena ada beberapa teman yang mulai bantu, lalu warga Indonesia yang di Korea juga memberikan saran tentang gimana situasi dan budaya di Korea," buka pemain berusia 21 tahun itu.

"Jadi saat ini saya sudah jalani adaptasi dengan baik dan kalau setelah latihan biasanya di apartemen nonton film," tutur Asnawi dilansir dari Youtube, Teamtwelve.

Asnawi bersyukur mendapat banyak dukungan dari penggemar di Korea maupun Indonesia. Pemain 21 tahun itu berjanji akan bekerja lebih keras demi meraih prestasi bersama Ansan Greeners.

"Saat ini banyak support dari fans, dari Korea dan Indonesia dan saya pribadi tak akan sia-siakan hal itu dan tentu akan lebih baik," janjinya.