Bola Internasional

Selain Zulfiandi, 3 Gelandang Bertahan Indonesia Ini Bisa Jadi Alternatif Muangthong United

Rabu, 28 April 2021 13:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Twitter/@MuangthongUtd
Logo klub Thailand Muangthong United. Copyright: © Twitter/@MuangthongUtd
Logo klub Thailand Muangthong United.

INDOSPORT.COM - Melihat tiga gelandang bertahan asal Indonesia selain Zulfiandi, yang mungkin bisa jadi alternatif Muangthong United untuk direkrut ke Liga Thailand musim depan. Siapa sajakah mereka?

Rumor ketertarikan Muangthong United, salah satu peserta kasta teratas Liga Thailand terhadap Zulfiandi sendiri memang tengah santer diberitakan dalam sepekan terakhir.

Kabar tersebut pertama kali berhembus melalui ungkapan salah satu jurnalis asal Thailand, Gian Chansrichawala yang meminta pendapat beberapa jurnalis Indonesia untuk memberi gambaran bagaimana gaya bermain Zulfiandi.

Melalui unggahannya, Gian Chansrichawala juga menjelaskan bahwa Zulfiandi mendapat perhatian khusus dari Muangthong United dan berpotensi bakal didatangkan di bursa transfer nanti

"Saya mendengar Muangthong dikaitkan dengan pemain Indonesia, Zulfiandi," kata Gian Chansrichawla di Twitter.

“Pemain seperti apa dia, dan menurut Anda bagaimana dia akan tampil di Liga Thailand? Terima kasih,” tambahnya.

Jika dilihat secara track record, sejatinya bukan kali ini saja Zulfiandi mendapat tawaran dari klub asing. Pada tahun 2019 lalu, gelandang berusia 25 tahun ini juga diincar klub Thailand, Nakhon Ratchasima.

Namun sayang, proses transfer batal terwujud lantaran Nakhon Ratchasima menganggap harga para pemain Indonesia terlalu mahal buat mereka boyong boyong.

"Jika kalian harus membayar lebih mahal, tetapi potensinya sama saja (dengan pemain lokal), tak perlu mendatangkan pemain asing. Tim lebih memilih untuk mengambil yang lebih baik," ujar pelatih Nakhon Ratchasima, Milos Joksic dilansir Siam Sport tahun 2019 silam.

Andai Muangthong United gagal mendapatkan Zulfiandi dengan alasan serupa seperti Nakhon Ratchasima, tim yang bermarkas di SCG Stadium Pak Kret ini mungkin bisa mengalihkan perhatian ke beberapa gelandang bertahan asal Indonesia berikut untuk melengkapi slot ASEAN mereka.

Lantas siapa sajakah pemain tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Kim Kurniawan

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan mencoba memblok bola sepakan pemain Persela saat  pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (03/12/2019). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan mencoba memblok bola sepakan pemain Persela saat pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (03/12/2019).

Nama pertama adalah Kim Kurniawan, gelandang berdarah Belanda tersebut bisa jadi opsi Muangthong United yang menginginkan pemain ASEAN bercita rasa Eropa.

Meski lama di Indonesia, Kim Kurniawan sempat mencicipi kompetisi Liga Jerman periode 2008-2010. Pengalaman tersebut bisa berikan Muangthong United kenyamanan dalam mempertahankan bola.

Sepanjang gelaran Piala Menpora 2021, Kim Kurniawan sendiri jadi pilihan utama pelatih PSS Sleman. Total, gelandang berusia 31 tahun tersebut telah bermain delapan pertandingan dengan 720 menit di lapangan.

Artinya, Kim Kurniawan selalu jadi starter dan main penuh sejak babak penyisihan hingga perebutan tempat ketiga. Indikasi yang menjelaskan bahwa Kim merupakan dynamo permainan terpenting Super Elja.