Liga Indonesia

Profil Akademi Crystal Palace, Calon Lawan Garuda Select 3 di Inggris

Kamis, 6 Mei 2021 09:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Warren Little/Getty Images
Selebrasi para pemain Crystal Palace usai memenangI laga melawan Arsenal dengan skor 3-2 di Emirates Stadium, Senin (21/4/19). Warren Little/Getty Images Copyright: © Warren Little/Getty Images
Selebrasi para pemain Crystal Palace usai memenangI laga melawan Arsenal dengan skor 3-2 di Emirates Stadium, Senin (21/4/19). Warren Little/Getty Images

INDOSPORT.COM - Berikut profil tim akademi Crystal Palace, calon lawan uji coba terdekat Garuda Select 3, Sabtu (8/5/21) mendatang.

Selama kurang lebih sedekade terakhir, pengelolaan Crystal Palace berada di bawah pimpinan pebisnis Inggris, Steve Parish. Ada banyak perubahan yang dilakukan, mulai dari tata kelola, administrasi, hingga pembinaan tim di berbagai level.

Crystal Palace memegang teguh prinsip pembinaan berjenjang. Artinya, tim-tim yang ada di setiap levelnya, terintegrasi dengan baik, junior maupun senior. Menurut situs resmi klub, dalam 15 tahun terakhir, ada 36 pemain binaan meraih promosi ke tim senior. 

Juli lalu, akademi Crystal Palace masuk Category 1 lewat akreditasi tim penilai independen yang ditunjuk langsung oleh Liga Inggris. Fasilitas tim berada tepat di seberang tempat latihan tim senior di Copers Cope Road, ini menjadi nilai plus.

Banyak lulusan akademi Crystal Palace yang berhasil menjadi pemain-pemain kelas dunia dan andalan timnas Inggris, salah satunya Aaron Wan-Bissaka.

Lahir di London, Aaron Wan-Bissaka mulai bergabung ke tim muda The Eagles di 2009 dan mendapatkan kesempatan debut di tim senior pada 2018. Setahun berlalu, ia lantas direkrut oleh Manchester United.

Selain Wan-Bissaka, ada juga Wilfried Zaha, yang bergabung tim akademi Palace sejak 2004 dan debut di tim senior pada 2010. Aksi cemerlangnya membuat Manchester United kepincut mendatangkannya di 2013.