Liga Inggris

Fakta dan Data Jelang Duel Manchester City vs Chelsea di Liga Inggris

Jumat, 7 Mei 2021 16:54 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Deretan fakta dan data pertandingan pekan ke-35 Liga Inggris 2020-2021 antara Manchester City menghadapi Chelsea, Sabtu (08/5/21). Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Deretan fakta dan data pertandingan pekan ke-35 Liga Inggris 2020-2021 antara Manchester City menghadapi Chelsea, Sabtu (08/5/21).

INDOSPORT.COM - Deretan fakta dan data pertandingan pekan ke-35 Liga Inggris 2020-2021 antara Manchester City menghadapi Chelsea, Sabtu (08/5/21).

Berlangsung di Etihad Stadium, laga ini termasuk pemanasan sebelum melakoni partai final Liga Champions (UCL) 2020-2021. Maklum, kedua tim menciptakan partai pamungkas All English usai sama-sama mengalahkan lawan sukar di semifinal.

The Citizens misalnya, taklukkan PSG dengan agregat skor 4-1 membuat Pep Guardiola kian nafsu meraih titel juara yang tertunda selama 10 tahun karier kepelatihannya. Sudah pasti juara Liga Inggris musim ini buat Kevin de Bruyne dkk sulit dihentikan.

Satu-satunya nilai minus di Manchester City ialah potensi absennya Eric Garcia. Meski demikian, nama-nama besar seperti Riyad Mahrez, Ruben Dias, Phil Foden, Fernandinho, dan pemain yang akan hengkang, Sergio Aguero masih dalam keadaan prima.

Di sisi lain, kubu tamu juga memiliki kans yang sama yakni ingin menang di laga 'pemanasan' ini. Meski baru ditukangi Thomas Tuchel pada paruh musim kedua, The Blues justru superior mengalahkan tim sekaliber Real Madrid dengan agregat skor 3-1.

Rekor terbaik dari tim bermarkas di Stamford Bridge sendiri terlihat ketika lakoni 11 laga tak terkalahkan dengan tiga kali imbang dan delapan kali menang dari segala kompetisi. Sayangnya, mereka tak diperkuat Mateo Kovacic yang malah cedera.

Untuk menambah keseruan, berikut telah kami rangkum fakta dan data jelang laga Chelsea vs Man City di Liga Inggris. 

1. Pep Guardiola Dominan di Hadapan Tuchel

Pertarungan Man City vs Chelsea di Liga Inggris juga menjadi ajang rivalitas Pep Guardiola dan Thomas Tuchel. Kedua pelatih memang cukup sering bertemu di lapangan. 

Berdasarkan statistik, kedua pelatih telah berjumpa sebanyak enam kali. Dari enam kali perjumpaan, Pep Guardiola tampil dominan dengan memenangkan 4 laga dan sisanya 1 kali serta 1 kali kalah. 

Laga pekan ke-35 adalah pertemuan pertama kedua pelatih di Liga Inggris. Pada paruh pertama Tuchel belum bergabung dengan The Blues. 

Namun, jauh sebelum itu, kedua tim adalah rival di Bundesliga Jerman. Kala itu Thomas Tuchel membawa bendera Borussia Dortmund, sedangkan Pep Guardiola bersama Bayern Munchen. 

2. 2 Tim yang Jarang Kalah

Chelsea dan Man City adalah dua tim yang paling jarang kalah di putaran kedua Liga Inggris. Tercatat, Sejak pekan ke-19 sampai 34, Chelsea cuma sekali menderita kekalahan. 

Kekalahan itu didapatkan saat dibantai West Brom 2-5 di Stamford Bridge pada pekan ke-30, Sabtu (13/03/21). Sementara kubu Man City tercatat baru menderita dua kekalahan dari laga yang sudah dilakoni pada pekan ke-19 sampai 34. 

Kekalahan Man City masing-masing diderita dari Man United (0-2) pada pekan ke-27 dan Leeds United pada pekan 31. Meski memiliki satu kekalahan lebih banyak dari Chelsea, tetapi jumlah poin Man City masih lebih banyak sejak putaran kedua bergulir.