Bola Internasional

Dari Sakura Hingga Pelabuhan, Ini Makna Unik Logo Klub-klub Peserta J-League

Kamis, 13 Mei 2021 13:58 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Yosef Bayu Anangga
© J.League
Semua klub di Meiji Yasuda J1 League bisa dibilang memiliki logo dan lambang klub yang unik. Biasanya mereka menunjukkan warna kebanggaan, sejarah, atau identitas klub lainnya. Copyright: © J.League
Semua klub di Meiji Yasuda J1 League bisa dibilang memiliki logo dan lambang klub yang unik. Biasanya mereka menunjukkan warna kebanggaan, sejarah, atau identitas klub lainnya.

INDOSPORT.COM - Semua klub di Meiji Yasuda J1 League bisa dibilang memiliki logo dan lambang klub yang unik. Biasanya mereka menunjukkan warna kebanggaan, sejarah, atau identitas klub lainnya.

Satu hal yang paling banyak dipakai adalah penggunaan perisai dengan berisi nama klub dengan warna kebanggaan mereka.

Selain itu, tak sedikit klub yang memiliki logo dengan gambar bunga atau hewan resmi dari kota atau daerah tempat mereka berada.

Lalu bagaimana logo dan lambang klub-klub Meiji Yasuda J1 League musim ini? Berikut ulasannya:

Avispa Fukuoka

Meski Avispa dalam Bahasa Spanyol berarti tawon, lambang klub asal Fukuoka tersebut tak menunjukkan hal tersebut. Lambang klub terbilang sederhana dengan dominasi warna biru muda dan tua, perisai di tengah dengan mahkota di atasnya.

Di dalam perisai ada bola dengan tulisan “Avispa Fukuoka” yang melingkarinya.

Cerezo Osaka

Lambang klub Cerezo Osaka terdiri atas tiga bagian: Perisai di tengah, mahkota di atasnya, dan tulisan “Cerezo Osaka” di bagian bawah.

Di dalam perisai terdapat singa yang membawa pedang dan juga bunga sakura di sebelah kiri berwarna merah muda.

Cerezo adalah Bahasa Spanyol untuk pohon ceri. Nama ini dipilih karena lambang kota Osaka: Bunga Sakura.

Hal ini pula yang membuat logo serta seragam Cerezo Osaka didominasi oleh warna merah muda khas bunga Sakura.

F.C.Tokyo

Logo klub F.C.Tokyo bergambar sebuah perisai dengan warna biru dan merah, warna kebanggaan klub Ibu Kota Jepang tersebut. Di dalamnya ada tahun 1999, tahun klub ini berubah nama jadi F.C.Tokyo dengan kekuatan gabungan beberapa perusahaan besar di Jepang.

Tulisan “F.C.Tokyo” berada di dalam huruf “T” yang terbakar, menunjukkan identitas mereka dulu saat masih bernama Tokyo Gas, klub milik perusahaan Tokyo Gas, perusahaan gas terbesar di Jepang.

Gamba Osaka

Lambang klub Gamba Osaka berupa perisai dengan kepala burung di atasnya. Logo ini didominasi warna biru dan hitam sesuai dengan warna kebanggaan klub berjuluk Nerazzurri (Biru-Hitam) ini.

Di bagian bawah, ada tulisan “Gamba Osaka” sebagai nama klub dan tulisan “Since 1991” menunjukkan tahun klub berganti nama dari Matsushita Electric.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%