Liga Italia

Daftar Juara Coppa Italia 10 Tahun Terakhir: Juventus Sangat Mendominasi

Kamis, 20 Mei 2021 05:55 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© twitter.com/juventusfcen
Juventus saat mengangkat trofi Coppa Italia Copyright: © twitter.com/juventusfcen
Juventus saat mengangkat trofi Coppa Italia

INDOSPORT.COM – Melihat daftar juara Coppa Italia sejak 10 tahun terakhir, di mana Juventus mampu catatkan rekor dengan angkat trofi selama empat tahun beruntun.

Pada gelaran Coppa Italia 20/21, Juventus kembali berhasil menjuarai turnamen usai di pertandingan final sukses mengalahkan Atalanta dengan skor tipis 1-2.

Bertanding di Stadion Mapei, Juventus sebagai pemegang gelar terbanyak Coppa Italia langsung menurunkan skuat terbaik demi kembali bawa pulang trofi yang sudah hilang sejak musim 2018/19 silam.

Duet Cristiano Ronaldo dan Dejan Kulusevski dipilih pelatih Andrea Pirlo untuk mengisi slot lini serang Juventus. Dua penyerang tersebut mendapat bantuan Weston McKennie serta Federico Chiesa sebagai winger.

Sementara di kubu Atalanta, trio lini depan yang berisikan Ruslan Malinovskiy, Duvan Zapata dan Matteo Pessina jadi tumpuan untuk membombardir pertahanan Juventus.

Unggul materi pemain, Juventus berhasil unggul lebih dulu lewat sepakan Kulusevksi menit ke-31’. Namun jelang babak pertama berakhir, Ruslan Malinovskiy menyamakan kedudukan melalui tembakan spekulasi menit 41’.

Juventus akhirnya memastikan diri keluar sebagai juara Coppa Italia 20/21, usai Federico Chiesa mencatatkan nama di papan skor menit 73’ yang sekaligus jadi gol penutup di pertandingan ini.

Berbekal kemenangan ini, Juventus pun berhak menggunakan coccarda sebagai lambang peraih gelar juara Coppa Italia di jersey mereka musim depan.

Sepanjang gelaran Coppa Italia, Juventus merupakan tim dengan perolehan gelar juara juara terbanyak, yakni 14 trofi sejak pertama kali mereka menangkan musim 1937/38. Di posisi kedua, ada AS Roma dengan jumlah sembilan gelar juara. Serta Inter Milan di tempat ketiga usai mengumpulkan 7 trofi sepanjang 99 tahun bergulirnya turnamen.

Jika melihat dalam 10 tahun terakhir, dominasi Juventus di ajang Coppa Italia sangatlah terasa. Bahkan, La Vecchia Signora mampu empat musim beruntun juara yakni pada musim 2014/15 hingga 2017/18. Catatan tersebut jadi rekor yang belum bisa dipecahkan klub lain sampai saat ini.

Dalam 10 tahun terakhir, hanya ada dua tim yang bisa merusak dominasi Juventus dalam perburuan gelar juara. Lantas, siapa sajakah tim yang mampu menjuarai Coppa Italia dalam 10 tahun terakhir tersebut? Berikut INDOSPORT merangkum: