Liga Indonesia

Curhat Wonderkid Kalimantan Masuk Skuat Garuda Select: Mental Makin Terasah

Senin, 24 Mei 2021 14:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Ibnul Mubarak merupakan salah satu pemain pertama asal Kalimantan yang lolos seleksi Garuda Select 3, sebuah program pembinaan pesepak bola usia muda Indonesia di Eropa. Kegiatan ini berada di bawah kendali dua legenda timnas Inggris, Dennis Wise dan Des Walker.

Tak sembarang pemain bisa masuk skuat Garuda Select, namun seluruh pemain dari penjuru Indonesia bisa berpeluang dipantau oleh Dennis Wise, termasuk Ibnul Mubarak.

Meski berasal dari Kalimantan Timur dan belum pernah masuk akademi Liga 1, tapi Ibnul Mubarak bisa lolos seleksi karena ia memiliki kelebihan di mata Dennis Wise.

Ibnul Mubarak sebelumnya bermain untuk SSB Penajam Paser Utara, dan akhirnya dia berlatih sepak bola di Inggris sejak akhir 2020 hingga awal Mei lalu, bahkan sempat tampil menghadapi Manchester City.

Sebagai bek, Ibnul Mubarak mengaku mendapat banyak ilmu berharga dari pelatih Des Walker yang notabene mantan pemain bertahan Nottingham Forest.

"Selama enam bulan berlatih di Inggris, fisik dan daya tahan saya jauh lebih baik. Saya makin paham bagaimana menjadi seorang pemain belakang yang kuat dan tangguh agar tidak mudah dilewati lawan," ujar Ibnul.

"Selain itu, saya lebih mengerti waktu yang tepat, kapan saya harus mengambil bola dari lawan. Sebuah bekal penting menapaki jejak menuju level profesional," cetusnya.

"Mental saya juga semakin terasah setelah menghadapi lawan-lawan tangguh akademi terbaik di Inggris. Melawan Manchester City itu pengalaman yang tak bisa saya lupakan," imbuh Ibnul Mubarak.