Bola Internasional

Ketika Republik Ceko Kalah dan Tersingkir akibat Aturan Gol

Selasa, 25 Mei 2021 14:17 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Twitter/@talkSPORT2
Para pemain merayakan gol David Pavelka saat laga persahabatan Republik Ceko vs Brasil, Rabu (27/03/19). Copyright: © Twitter/@talkSPORT2
Para pemain merayakan gol David Pavelka saat laga persahabatan Republik Ceko vs Brasil, Rabu (27/03/19).

INDOSPORT.COM – Republik Ceko pernah mengalami nasib naas kala bermain di turnamen internasional. Nasib naas itu berupa tersingkirnya tim berjuluk Lokomotiva akibat aturan gol.

Republik Ceko menjadi salah satu partisipan Euro 2020. Kepastian tim Lokomotiva bermain di Euro 2020 setelah menjadi Runner Up grup A di belakang Inggris.

Penampilan Republik Ceko sendiri tak terlalu buruk karena berhasil mengantongi lima kemenangan dan tiga kekalahan dalam delapan laga grup A.

Perjalanan Republik Ceko di kancah internasional, terutama Eropa juga cukup menarik. Tercatat, tim Lokomotiva ini pernah menjarai Euro 1976 saat masih bernama Cekoslowakia (Czechoslovakia).

Di Euro 2016 lalu, perjalanan Republik Ceko harus terhenti pada babak grup. Di Euro 2020 ini, tentu anak asuh Jaroslav Silhavy akan mencoba melangkah jauh.

Berbicara soal Republik Ceko di ajang internasional, tentu tak lepas dari kisah miris yang menerpa mereka kala tersingkir dari sebuah turnamen karena aturan gol semata.

Hal tersebut terjadi pada ajang Euro di tahun 1996 dan tahun 2004. Republik Ceko harus menerima tumbang karena aturan gol yang tadinya hanya ‘coba-coba’.

Bahkan karena aturan gol ‘coba-coba’ ini, Republik Ceko harus rela menjadi Runner Up Euro 1996 karena tumbang dari Jerman.

Bagaimana kisah Republik Ceko tersingkir dan kalah di Euro karena aturan gol yang ‘coba-coba’ tersebut? Berikut rangkumannya.