Bola Internasional

Profil Tim Euro 2020: Italia

Rabu, 26 Mei 2021 12:07 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Berikut profil tim peserta Euro 2020, Italia, yang mencakup pembahasan pengenalan tim, starting XI, player to watch, dan prediksi di Euro. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Berikut profil tim peserta Euro 2020, Italia, yang mencakup pembahasan pengenalan tim, starting XI, player to watch, dan prediksi di Euro.

INDOSPORT.COM - Turnamen sepak bola antarnegara terakbar di Eropa, Euro 2020, akan segera bergulir pada 11 Juni hingga 11 Juli 2022 nanti. Tim-tim peserta pun menyiapkan skuad terbaik mereka termasuk Timnas Italia. 

Timnas Italia menjadi salah satu tim di benua biru yang tampil paling meyakinkan menjelang gelaran Euro 2020. Gli Azzurri lolos ke putaran final sebagai pemuncak Grup J babak kualifikasi. 

Skuad asuhan Roberto Mancini tampil tidak terkalahkan dengan menyapu bersih delapan kemenangan. Mereka finis dengan 24 poin meninggalkan jauh pesaingnya seperti Finlandia dan Bosnia. Gianluigi Donnarumma dkk mampu mencetak 25 gol dan hanya kebobolan 3 gol sepanjang kualifikasi. 

Sejak dibesut oleh salah satu pelatih kawakan Italia, Roberto Mancini, Gli Azzurri menjelma menjadi tim yang mengerikan di Eropa. Tren positif selalu menghampiri Italia, termasuk di ajang UEFA Nations League. 

Kekuatan terbesar Timnas Italia bisa dibilang adalah kombinasi seimbang antara bintang-bintang muda yang mereka miliki. Kegagalan di kualifikasi Piala Dunia 2018 memberikan pelajaran penting bagi pelatih pengganti, Roberto Mancini. 

Mancini sukses mengumpulkan bintang-bintang muda dan menemukan formula yang cocok dalam formasi 4-3-3. Timnas Italia mengandalkan starlet macam Federico Chiesa, Nicolo Barella, Gianluigi Donnarumma, sampai Manuel Locatelli yang dikombinasikan dengan nama-nama senior seperti Leonardo Bonucci, Marco Veratti, Ciro Immobile, dan lainnya. 

Walau begitu, tetap perlu dinantikan sepak terjang sesungguhnya dari Italia di Euro 2020. Sebab, selama mengarungi babak kualifikasi, praktis hanya Finlandia dan Yunani saja lawan yang paling merepotkan. Sementara di ajang UEFA Nations League, hanya Belanda saja lawan kuat yang pernah mereka hadapi dalam kurun dua tahun terakhir.