Bola Internasional

Profil Tim Euro 2020: Turki

Rabu, 26 Mei 2021 22:01 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Turki di Euro 2020. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Turki di Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Gelaran Euro 2020 yang akan bergulir pada 11 Juni-11 Juli 2021 mendatang sebentar lagi bakal segera dimulai. Turki menjadi salah satu dari 24 negara yang ikut berkompetisi di turnamen terakbar empat tahunan di Eropa tersebut.

Sebagai salah satu kuda hitam yang dipenuhi oleh talenta-talenta istimewa yang tersebar di liga-liga top Eropa, Turki menatap Euro 2020 ini dengan modal performa bagus.

Senol Gunes, pelatih yang menggantikan sosok legendaris Rumania, Mircea Lucescu di awal tahun 2019 secara istimewa berhasil membawa Turki kembali ke statusnya sebagai kuda hitam yang layak ditakuti.

Ini merupakan periode kedua kepelatihan Gunes bersama Turki. Sosok kelahiran Trabzon, 68 tahun yang lalu ini sebelumnya pernah membawa Turki mengejutkan publik pecinta sepakbola di gelaran Piala Dunia 2002 silam.

Saat itu, Gunes berhasil mengantarkan Turki meraih pencapaian tertingginya di dunia sepakbola internasional: meraih posisi ketiga dalam gelaran akbar empat tahunan sedunia.

Kali ini Gunes patut bersyukur. Pasalnya materi pemain yang ia miliki bisa dibilang memiliki potensi untuk kembali mengejutkan publik pecinta sepakbola seperti apa yang berhasil mereka lakukan nyaris dua dekade yang lalu.

Apalagi ada kemiripan antara Turki 2002 dengan Turki sekarang. Kombinasi antara pemain berpengalaman dengan pemain-pemain muda penuh energi membuat anak-anak asuhan Gunes layak difavoritkan untuk bisa lolos dari Grup A Euro 2020 yang berisi Italia, Swiss, dan Wales.