In-depth

5 Dilema Gareth Southgate di Timnas Inggris Jelang Euro 2020

Rabu, 26 Mei 2021 18:07 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© INDOSPORT
Gareth Southgate memangggil 33 nama masuk ke skuat sementara timnas Inggris untuk Euro 2020. Namun, Southgate masih punya 5 dilema yang harus dipecahkan. Copyright: © INDOSPORT
Gareth Southgate memangggil 33 nama masuk ke skuat sementara timnas Inggris untuk Euro 2020. Namun, Southgate masih punya 5 dilema yang harus dipecahkan.

INDOSPORT.COM - Gareth Southgate memangggil 33 nama masuk ke skuat sementara timnas Inggris untuk Euro 2020. Namun, Southgate masih punya 5 dilema yang harus dipecahkan.

Pelatih Gareth Southgate akhinya mengumumkan 33 nama yang masuk dalam skuat sementara Timnas Inggris untuk Euro 2020 alias Piala Eropa yang akan digelar pada 11 Juni – 11 Juli 2021.

Sejumlah nama kejutan muncul seperti Aaron Ramsdale, Ben White, dan Ben Godfrey. Sementara itu, ada pula sejumlah bintang yang harus rela tak dipanggil seperti Tammy Abraham, Eric Dier, Aaron Wan-Bissaka, Danny Ings, hingga James Maddison.

Meski demikian, tugas Southgate masih belum berakhir karena ia masih harus mencoret 7 pemain dari 33 nama itu, guna menentukan 26 pemain yang masuk dalam skuat akhir Euro 2020.

Di sisi lain, dilansir The Sun ada sedikitnya 5 dilema yang harus dipecahkan oleh Southgate, demi membawa tim Tiga Singa tampil dengan performa apik di ajang 4 tahunan itu.

Apalagi, Inggris dibebani ekspektasi tinggi karena menjadi salah satu kandidat juara bersama dengan beberapa negara lain seperti Belgia, Prancis, dan Portugal.

Lantas, dilema apa saja yang harus dipecahkan oleh Gareth Southgate? Berikut ini ulasannya:

Haruskan Membawa Harry Maguire?

Harry Maguire mengalami cedera engkel saat menghadapi Aston Villa dan sudah absen membela Manchester United di 4 laga terakhir, meski pada akhirnya tetap masuk skuat sementara timnas Inggris. Padahal, ia bahkan masih diragukan untuk tampil di final Liga Europa, Kamis (27/05/21) dini hari.

Memang masih ada waktu 18 hari antara final Liga Europa dengan laga pertama Inggris di Euro, tapi rendahnya tingkat kebugaran Harry Maguire bisa menjadi masalah di ajang sebesar Euro. Apalagi, bek tengah utama Inggris ini sudah tak bertanding nyaris satu bulan.

Pilih Tiga dari Empat

Dalam daftar sementara, Southgate memasukkan 4 bek kanan yakni Trent Alexander-Arnold, Kyle Walker, Reece James, dan Kieran Trippier. Dari jumlah ini, 1 nama kemungkinan besar harus dicoret demi memangkas skuat menjadi 26 pemain.

Dengan kualitas yang setara dan performa yang seimbang musim ini, menentukan 3 nama yang akan dibawa menjadi tugas sulit. Kecocokan dengan pola permainan dan strategi akan menjadi penentu utama siapa bek kanan yang terpilih.