Liga Indonesia

Resmi Berikan Izin Liga 1 dan Liga 2, Begini Penjelasan Gamblang Kapolri

Senin, 31 Mei 2021 20:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Humas Kemenpora
Pertemuan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali dengan Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo terkait izin turnamen pra musim Piala Menpora 2021. Copyright: © Humas Kemenpora
Pertemuan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali dengan Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo terkait izin turnamen pra musim Piala Menpora 2021.

INDOSPORT.COM - Pihak kepolisian secara resmi memberikan izin keramaian untuk Liga 1 dan Liga 2 2021. Kapolri Listyo Sigit Prabowo memberikan berkas tersebut kepada Menpora, Zainudin Amali, di Mabes Polri, Senin (31/5/21).

Sigit Prabowo menjelaskan, izin diberikan usai penyelenggaraan Piala Menpora 2021 berjalan lancar. Hanya saja, ada catatan penting di mana PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), klub, dan semua pihak yang terlibat harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Sebagaimana disampaikan Menpora, beberapa waktu lalu kami telah menerima surat terkait penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 2021. Diskusi sudah dilakukan, dan dilanjutkan saat bertemu Pak Menpora hari ini," kata Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Senin (31/5/21).

"Maka penyelenggaran liga sepak bola beberapa waktu lalu tentu menjadi bagian dari evaluasi kami, apa bisa diberikan izin atau tidak. Beberapa waktu lalu penyelenggaraan sudah cukup bagus, tapi yang kami sayangkan masih terjadi arak-arakan di akhir turnamen yang potensial menimbulkan klaster Covid-19," imbuhnya.

"Setelah berdiskusi, kami memutuskan beberapa catatan bahwa keselamatan manusia adalah hukum tertinggi yang harus senantiasa ditegakkan. Karena itu dari hasil diskusi kami memutuskan memberikan izin keramaian dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat," tegas Listyo Sigit Prabowo.