Bola Internasional

Profil Tim Euro 2020: Inggris

Selasa, 1 Juni 2021 18:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Inggris di Euro 2020. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Inggris di Euro 2020.

INDOSPORT.COM - Berikut profil Timnas Inggris yang akan berlaga di Euro 2020. Terkenal bertabur bintang, apakah kali ini The Three Lions bakal sukses?

Sepanjang sejarah sepak bola dunia, siapa yang tidak mengenal Timnas Inggris, yang sudah sangat terkenal dengan para peman elitenya. Namun siapa sangka sepak terjang The Three Lions tidak sehebat nama-nama besar yang ada di dalamnya.

Mereka bahkan terakhir memenangkan ajang Piala Dunia pada tahun 1966. Sementara itu, untuk Euro sendiri, Timnas Inggris berhasil mencatatkan prestasi terbaiknya sebagai peringkat ketiga pada tahun 1968.

Sebelum Euro 2020, Timnas Inggris hanya mampu mencapai fase 16 besar pada gelaran tahun 2016 lalu. Meski begitu, Gareth Southgate nampaknya bisa menaruh cukup harapan pada skuat yang ada saat ini.

Timnas Inggris sendiri sudah memasuki generasi barunya untuk pilihan skuat yang ada sekarang. Meski Gareth Southgate punya lebih banyak opsi, di sisi lain ia juga dibuat kelimpungan saat memilih pemain.

Selain itu, para bintang muda Timnas Inggris saat ini juga memegang peran penting di level klub masing-masing. Bahkan, beberapa di antara mereka tampil di final Liga Champions 2020-2021 dengan seragam Chelsea dan Manchester City.

Gareth Southgate pun harus memikirkan skuat Timnas Inggris untuk Euro 2020 dengan sebaik-baiknya, termasuk memangkas setidaknya tujuh pemain dari daftar skuat sementara.

Hingga tulisan ini dibuat, pelatih sepak bola asal Watford tersebut masih belum memutuskan 26 pemain yang sudah pasti ia bawa ke Euro 2020. Tenggat dari UEFA sendiri adalah hari ini, Selasa (01/06/21) pukul 11 malam waktu setempat.

Pelatih

Gareth Southgate merupakan salah satu pelatih Inggris tulen yang didapuk sebagai pelatih The Three Lions sejak tahun 2016. Sebelumnya, ia sempat menukangi kelompok umur U-21 sebelum ke Timnas senior.

Prestasi terbaiknya bersama Timnas Inggris adalah peringkat keempat Piala Dunia 2018 dan peringkat ketiga UEFA Nations League 2019. Belum bicara banyak di ajang Euro, sanggupkah, Southgate?