Bola Internasional

5 Momen Paling Tak Terlupakan dalam Sejarah Euro

Minggu, 6 Juni 2021 10:30 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Timnas Yunani saat Juara Euro pada tahun 2004. Copyright: © Getty Images
Timnas Yunani saat Juara Euro pada tahun 2004.

INDOSPORT.COM - Menjelang turnamen Euro 2020, tak ada salahnya kita flashback ke belakang untuk mengenang berbagai momen berkesan yang tercipta di ajang Euro.

Dalam waktu kurang dari seminggu, pesta sepak bola terakbar di Eropa, Euro 2020, akan segera bergulir. Kompetisi empat tahunan di benua biru ini akan kick off pada 11 Juni 2021 hingga penutupan pada 12 Juni 2021. 

Partai pembuka akan dimainkan tanggal 11 Juni waktu setempat atau tanggal 12 waktu Indonesia. Fase penyisihan akan berakhir pada 24 Juni dengan memainkan 36 pertandingan dari 24 tim. 

Turnamen Euro sendiri selalu menjadi perhatian dari pencinta sepak bola dunia. Sebab, Berbeda dengan kejuaraan di benua lain, tim-tim peserta Piala Eropa selalu dipenuhi bintang-bintang kelas dunia. 

Piala Eropa sendiri sudah dihelat sejak tahun 1960. Dalam penyelenggaraannya, ajang Euro selalu menghadirkan berbagai momen suka dan duka serta drama yang terlupakan. 

Sejumlah negara peserta pun pernah merasakan momen-momen tersebut. Menjelang turnamen Euro 2020, tak ada salahnya kita flashback ke belakang untuk mengenang berbagai momen berkesan yang tercipta di ajang Euro. Momen apa saja itu? Berikut ulasannya. 

1. Kejutan Yunani 2004

Yunani muncul sebagai tim yang tak terdua di pagelaran Euro 2004 setelah mampu menumbangkan Portugal di laga final. Tim yang dijuluki Negeri Para Dewa ini berhasil menyisihkan Spanyol di babak grup.

Pada babak sistem gugur Yunani berhasil menumbangkan Prancis dengan skor 1-0 di Perempatfinal dan berlanjut dengan menumbangkan Ceko 1-0 di semifinal.

Di laga final pasukan Otto Rehhagel berhasil menundukkan tuan rumah melalui gol tunggal Angelos Charisteas pada menit 57'. Kemenangan itu pun membuat dunia terkejut atas apa yang telah ditunjukkan skuat Yunani.

2. Antonin Panenka 1976

Antonin Panenka adalah mantan pesepak bola berkewarganegaraan Republik Ceko yang dahulu bermain untuk klub Bohemians Praha dan Rapid Vienna.

Selain itu, Panenka juga pernah membela Timnas Cekoslowakia dalam 59 pertandingan dan mencetak 17 gol, dan mempersembahkan gelar Euro di tahun 1976.

Panenka terkenal karena berhasil melakukan sebuah tendangan penalti yang berbeda, yaitu dengan melambungkan bola di posisi tengah gawang, yang kala itu dilakukan pada pertandingan Final Euro 1976 melawan Jerman. Kini cara mencetak gol penalti dengan melambungkan bola ke tengah gawang selalu disebut dengan "gaya Panenka".

3. Tim Dinamit Euro 1992

Denmark membuat kejutan besar di ajang Euro 1992. Pada ajang ini, Denmark berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Jerman 2-0 melalui gol Jensen dan Vilfort.

Padahal, hampir tak ada orang yang menjagokan Denmark akan keluar sebagai juara di tengah kepungan tim-tim raksasa seperti Jerman, Italia, dan Belanda. Bahkan, Denmark sendiri harusnya tidak lolos ke putaran final. 

Namun, UEFA memutuskan memilih Denmark sebagai runner-up terbaik babak kualifikasi untuk menggantikan negara Yugoslavia yang dicabut partisipasinya menyusul konflik di Balkan.