Bola Internasional

Nguyen Trong Hoang, Motor Permainan Vietnam yang Kerap Sial Saat Jumpa Indonesia

Senin, 7 Juni 2021 15:40 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© bongda24h.vn
Nguyen Trong Hoang, Motor Permainan Vietnam yang Kerap Sial Saat Jumpa Indonesia Copyright: © bongda24h.vn
Nguyen Trong Hoang, Motor Permainan Vietnam yang Kerap Sial Saat Jumpa Indonesia

INDOSPORT.COM – Intip statistik serta profil Nguyen Trong Hoang, sang motor permainan Vietnam yang kerap sial saat jumpa Timnas Indonesia. Bakal kembali melempem malam nanti?

Timnas Indonesia sendiri akan bertemu Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia, pada Senin (07/06/21) malam WIB di Stadion Al Maktoum Stadium, Dubai. Laga ini bisa jadi kesempatan skuat Garuda untuk balas dendam setelah kalah di pertemuan pertama.

Timnas Indonesia kali ini datang dengan tim yang berbeda, dibanding saat kalah 1-3 di pertemuan pertama dengan Vietnam.

Pelatih skuad Garuda, Shin Tae-yong banyak membawa pemain muda yang punya semangat tinggi, terbukti menahan imbang Thailand dengan skor 2-2 di pertandingan tiga hari lalu.

Shin Tae-yong mengatakan, telah melakukan evaluasi dari laga lawan Thailand dan akan melakukan perubahan saat bertemu Vietnam. Ada kemungkinan pelatih asal Korea Selatan itu mengganti susunan starting XI bahkan formasi bermain.

Sementara itu, Vietnam tentu tak akan tinggal diam. Mereka juga membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos ke babak selanjutnya dan membuka asa ke Piala Dunia 2022.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo bahkan memantau langsung pertandingan Indonesia ketika melawan Thailand. Dia butuh informasi akurat, sebab tim Indonesia menggunakan pemain muda yang lebih enerjik.

Jika melihat statistik lima pertemuan terakhir antara Timnas Indonesia vs Vietnam, peluang Evan Dimas cs raih kemenangan di laga malam nanti terbilang cukup terbuka lebar.

Meski begitu, Timnas Indonesia tetap tak boleh anggang enteng sang calon lawan, apalagi Vietnam punya beberapa pemain yang punya rapor baik terutama saat mentas di kancah kompetisi lokal.

Salah satu pemain yang wajib diwaspadai adalah Nguyen Trong Hoang, gelandang berusia 32 tahun tersebut merupakan bintang senior Vietnam dan kerap kali jadi pahlawan kemenangan The Golden Star.

© Fox Sport Asia
Selebrasi Timnas U-23 Vietnam usai Menang 4-0 atas Thailand di Kualifikasi Piala Asia 2020 Copyright: Fox Sport AsiaSelebrasi Timnas Vietnam usai Menang 4-0 atas Thailand di Kualifikasi Piala Asia 2020

Sejak pertama kali debut bersama Timnas Vietnam senior pada tahun 2009 silam, Nguyen Trong Hoang mampu tampil sebanyak 70 pertandingan dengan torehan 12 gol di semua kompetisi.

Beberapa gelar juara pun pernah ia persembahkan buat Timnas Vietnam, seperti ajang AFF Cup tahun 2018 serta runner-up turnamen King's Cup tahun 2019.

Selain itu, Nguyen Trong Hoang juga kerap jadi momok menakutkan beberapa tim besar kawasan Timur Tengah. Tak heran, jika Nguyen Trong Hoang berhasil cetak gol ke gawang tim Asia Barat seperti Kuwait hingga Qatar.

Di level klub, prestasi Nguyen Trong Hoang juga terbilang cukup mentereng. Sejak terjun ke dunia professional pada musim 2007, tercatat jebolan Song Lam Nghe An FC ini telah empat kali berpindah klub.

Beberapa tim besar yang pernah diperkuat antara lain Song Lam Nghe An, Becamex Binh Duong, FLC Thanh Hoa hingga Viettel yang masih bertahan sampai sekarang.

Untuk urusan gelar juara, Nguyen Trong Hoang punya banyak catatan mulai dari V.League 1, Vietnamese Super Cup serta Vietnamese National Cup pernah ia menangkan.