In-depth

Bedah Kekuatan Grup C Euro 2020: Hanya Milik Belanda dan Ukraina?

Kamis, 10 Juni 2021 10:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Heru/Indosport.com
Bedah kekuatan Grup C turnamen Euro 2020 di mana tim Belanda dan Ukraina akan saling sikut untuk berebut posisi puncak. Copyright: © Grafis:Heru/Indosport.com
Bedah kekuatan Grup C turnamen Euro 2020 di mana tim Belanda dan Ukraina akan saling sikut untuk berebut posisi puncak.

INDOSPORT.COM - Bedah kekuatan Grup C turnamen Euro 2020 di mana tim Belanda dan Ukraina akan saling sikut untuk berebut posisi puncak. 

Dalam hitungan hari, pesta sepak bola terakbar di Eropa, Euro 2020, akan segera bergulir. Kompetisi empat tahunan di benua biru ini akan kick off pada 11 Juni 2021 hingga penutupan pada 12 Juni 2021.

Partai pembuka akan dimainkan tanggal 11 Juni waktu setempat atau tanggal 12 waktu Indonesia. Fase penyisihan akan berakhir pada 24 Juni dengan memainkan 36 pertandingan dari 24 tim. 

Penyisihan Grup C menjadi salah satu pertarungan yang menarik untuk ditunggu oleh pencinta sepak bola Eropa. Di grup ini ada klub favorit juara, Belanda. Dalam edisi 2020 ini Belanda akan satu grup dengan Makedonia Utara, Austria, dan Ukraina. 

Banyak pihak yang menilai Belanda mendapatkan undian beruntung di Euro kali ini. Apalagi jika dibandingkan dengan Grup F di mana Prancis, Jerman, dan harus menghuni grup yang sama. 

Namun, bukan berarti perjuangan Belanda untuk lolos akan mudah begitu saja. Dalam gelaran bergengsi Euro 2020 ini, timnas Belanda ingin menebus kegagalan pada ajang 2016 lalu di mana mereka sempat gagal lolos ke putaran final.

Terakhir kali timnas Belanda mampu merebut trofi juara Euro yakni pada gelaran 1988 silam. Kini Frank de Boer diberikan tugas berat untuk membawa Belanda meraih juara Euro 2020.

Di Euro 2020 Belanda membawa kekuatan terbaiknya untuk saat ini. Nama-nama seperti Memphis Depay, Wijnaldum, Frenkie De Jong, Virgil Van Dijk, Matthijs de Ligt, dan Stefan de Vrij dipastikan akan dibawa oleh pelatih Frank de Boer ke turnamen Euro 2020. 

Perjalanan Belanda menuju Euro 2020 terbilang mulus. Mereka menjadi runner-up Grup C dengan 19 poin, berselisih dua angka dari Jerman yang ada di puncak. 

© Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Belanda di Euro 2020. Copyright: Grafis:Yanto/Indosport.comTimnas Belanda di Euro 2020.

Namun, situasi agak berubah setelah Ronald Koeman ditunjuk untuk menangani Barcelona. Timnas Oranje sempat kehilangan arah. Mereka mendapat hasil mengecewakan di UEFA Nations League. 

Untungnya di bawah Frank de Boer, Belanda perlahan mulai kembali menemukan keseimbangan. di Grup C ini Belanda akan mendapat tantangan berat dari Ukraina. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%