In-depth

Bedah Kekuatan Grup D Euro 2020: Awas! Inggris Siap Mengamuk

Jumat, 11 Juni 2021 08:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© TheFA.com/England
Bedah Kekuatan Grup D Euro 2020: Awas! Inggris Siap Mengamuk(Foto: TheFA.com/England) Copyright: © TheFA.com/England
Bedah Kekuatan Grup D Euro 2020: Awas! Inggris Siap Mengamuk(Foto: TheFA.com/England)

INDOSPORT.COM – Melihat peta kekuatan serta peluang para peserta Euro 2020 di Grup D, di mana Inggris jadi tim yang paling dijagokan lewat suntikan bintang-bintang muda mereka.

Dalam hitungan hari, pesta sepak bola terakbar di Eropa, Euro 2020, akan segera bergulir. Kompetisi empat tahunan di benua biru ini akan kick off pada 11 Juni 2021 hingga penutupan pada 12 Juni 2021. 

Partai pembuka akan dimainkan tanggal 11 Juni waktu setempat atau tanggal 12 waktu Indonesia. Fase penyisihan akan berakhir pada 24 Juni dengan memainkan 36 pertandingan dari 24 tim.

Pada edisi sebelumnya, tiga grup telah mendapatkan ulasan dan kali ini giliran Grup D yang layak diperhatikan lantaran berisi tim-tim tak kalah tangguh dari benua Eropa.

Di grup D ini, bakal ditempati oleh Timnas Inggris, Kroasia, Skotlandia dan Republik Ceko. Jika melihat dari daftar pemain yang dibawa, jelas Inggris bakal jadi unggulan serta berpotensi besar untuk lolos ke fase knock out.

Melansir dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa total market value dari 26 pemain yang dibawa Timnas Inggris untuk gelaran Euro 2020 kali ini mencapai 1,27 milyar euro. Tertinggi ketimbang tiga tim lain.

Bahkan Kroasia yang jadi penantang serius Inggris di grup ini, cuma memiliki market value 375 juta euro, masih belum menyentuh setengah dari harga keseluruhan skuad Timnas Inggris.

Mahalnya skuad Timnas Inggris sendiri bukan tanpa alasan, lantaran para pemain yang ada di tim sekarang merupakan para bintang yang memang sedang naik daun serta on fire bersama klubnya.

Sebut saja Harry Kane yang menjabat kapten, mempunyai market value 120 juta euro berkat performa gemilangnya bersama Tottenham musim lalu lewat torehan 33 gol serta 17 assists dari 49 laga semua ajang.

Walau punya skuad mahal, namun Timnas Inggris tetap tak boleh anggap enteng tim lain. Kroasia yang meski tak sampai setengah dari harga skuad Inggris, berpeluang besar tumbangkan The Three Lions.

Apalagi anak asuh Zlatko Dalić tersebut punya kenangan manis di dua kompetisi akbar terakhir ajang sepak bola Eropa. Yakni dengan finish sebagai runner up Piala Dunia 2018 serta perempat final Euro tahun 2008 lalu.

Berkat rapor tersebut, Kroasia yang masih mengandalkan sejumlah punggawa senior seperti Luka Modrić, Ivan Perisic, hingga Dejan Lovren berpotensi buat kejutan dan bisa saja jadi tim pertama yang lolos ke 16 besar Euro 2020.

Jangan lupakan pula Skotlandia dan Republik Ceko, walau tak diunggulkan namun dua tim ini masih bisa sulitkan langkah Inggris atau Kroasia untuk raih poin penuh.

Skotlandia misalnya, kembali tampil di Euro usai terakhir kali mentas di tahun 1996, anak asuh Steve Clarke tersebut dipastikan bakal tampil all out. Apalagi Skotlandia bakal berstatus tuan rumah babak penyisihan grup, sehingga hasrat untuk menang akan lebih besar buat mereka.

Sementara Republik Ceko, keberhasilan mereka untuk mempertahankan eksistensi tampil di Euro sejak 1996 silam, dipastikan bakal jadi motivasi untuk bisa raih kemenangan di babak penyisihan.

Mengandalkan Patrik Schick yang bersinar di Bundesliga Jerman, skuad arahan Jaroslav Šilhavý ini bertekad bisa ikuti capaian Timnas Ceko tahun 1996 dengan keluar sebagai runner up Euro.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%