In-depth

Bedah Kekuatan Grup A Euro 2020: Italia Dikepung para Kuda Hitam

Rabu, 9 Juni 2021 13:08 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Heru/Indosport.com
Perjalanan Italia untuk lolos dari Grup A berpotensi tak sepenuhnya mulus, sebab penghuni Grup A didiami oleh tim-tim kuda hitam. Copyright: © Grafis:Heru/Indosport.com
Perjalanan Italia untuk lolos dari Grup A berpotensi tak sepenuhnya mulus, sebab penghuni Grup A didiami oleh tim-tim kuda hitam.

INDOSPORT.COM - Perjalanan Italia untuk lolos dari Grup A Euro 2020 berpotensi tak sepenuhnya mulus, sebab penghuni Grup A didiami oleh tim-tim kuda hitam.

Dalam hitungan hari, pesta sepak bola terakbar di Eropa, Euro 2020, akan segera bergulir. Kompetisi empat tahunan di benua biru ini akan kick off pada 11 Juni 2021 hingga penutupan pada 12 Juli 2021. 

Partai pembuka akan dimainkan tanggal 11 Juni waktu setempat atau tanggal 12 waktu Indonesia. Fase penyisihan akan berakhir pada 24 Juni dengan memainkan 36 pertandingan dari 24 tim. 

Penyisihan Grup A menjadi pertarungan yang paling ditunggu oleh pencinta sepak bola Eropa. Di grup ini ada klub favorit juara, Italia. Dalam edisi 2020 ini Italia akan satu grup dengan Wales, Swiss, dan Turki, di Grup A.

Timnas Italia menjadi salah satu tim di benua biru yang tampil paling meyakinkan menjelang gelaran Euro 2020. Gli Azzurri lolos ke putaran final sebagai pemuncak Grup J babak kualifikasi.

Skuad asuhan Roberto Mancini tampil tidak terkalahkan dengan menyapu bersih delapan kemenangan. Mereka finis dengan 24 poin meninggalkan jauh pesaingnya seperti Finlandia dan Bosnia.

Sementara itu, Timnas Wales alias The Dragons berhasil lolos ke Euro 2020 usai finis sebagai runner up Grup E di babak kualifikasi. Dengan koleksi 14 poin hasil dari 4 kemenangan, 2 seri, dan 2 kalah, Aaron Ramsey berhasil mengungguli Slovakia dan Hungaria yang finis di posisi 3-4 guna menempati posisi 2 di bawah Kroasia.

Wales pun meneruskan penampilan apik mereka di Nations League. Bergabung di Liga B Grup 4, The Dragons finis sebagai pemuncak klasemen dengan catatan 5 kemenangan dan 1 seri, tanpa pernah kalah.

Kemudian di grup ini juga ada Swiss yang juga tak bisa diremehkan. Timnas Swiss akan jadi ancaman yang cukup lumayan bagi para lawan-lawannya di ajang Euro 2020. Mereka sudah pernah membuat kejutan sebelumnya ketika melakoni gelaran Piala Dunia 2018 lalu.

Bagaimana tidak? Swiss berhasil menahan imbang Brasil 1-1 di fase penyisihan grup, yang mana bukan perkara mudah. Alhasil, mereka finis sebagai runner-up dan mendampingi Tim Samba ke 16 besar.

Sayangnya, langkah Timnas Swiss harus terhenti di fase ini setelah ditekuk Swedia 0-1. Kemudian di UEFA Nations League 2020-2021, mereka gagal lolos dari grup yang beranggotakan dua lawan berat yakni Jerman dan Spanyol.

Selain Swiss dan Wales, ada Turki yang juga siap mengancam peluang lolos Italia. Sebagai salah satu kuda hitam yang dipenuhi oleh talenta-talenta istimewa yang tersebar di liga-liga top Eropa.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%