In-depth

Bintang Euro 2020: Adam Szalai, Suksesor Ferenc Puskas dan Harapan Hungaria

Jumat, 11 Juni 2021 07:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Alexandre Dimou/Icon Sport via Getty Images
Adam Szalaiof, pemain Timnas Hungaria. Copyright: © Alexandre Dimou/Icon Sport via Getty Images
Adam Szalaiof, pemain Timnas Hungaria.

INDOSPORT.COM – Mengenal salah satu bintang yang bakal bersinar di gelaran Euro 2020, kali ini ada Adam Szalai sang calon suksesor legenda Ferenc Puskas dan jadi harapan Timnas Hungaria.

Timnas Hungaria sendiri menjadi salah satu tim peserta Euro untuk edisi tahun 2020, meski begitu banyak pihak yang menyebut bahwa The Nemzeti Tizenegy sedang apes kali ini. 

Sebab, mereka harus satu grup bersama tiga raksasa Eropa, Prancis, Jerman, dan Portugal di Grup F. Banyak yang menganggap Hungaria akan dijadikan sebagai lumbung gol. 

Namun, sejatinya Hungaria memiliki potensi untuk menjadi tim kuda hitam yang cukup menyulitkan lawan di Grup F. Gelaran Euro 2020 adalah keikutsertaan keempat mereka sepanjang sejarah setelah tahun 1964, 1972, dan 2016. 

Tahun 2020 adalah keikutsertaannya secara beruntun di turnamen tertinggi antarnegara sepak bola Eropa itu. Hal ini membuktikan bahwa sepak bola Hungaria telah berkembang. 

Timnas Hungaria lolos ke putaran final Euro 2020 setelah mengalahkan Islandia di ajang play-off. Mereka memiliki misi untuk mengulangi romansa kejayaan di masa silam. 

Tim Hungaria begitu ditakuti pada dekade 60-an dan 70-an silam. Pada gelaran tahun 2016, Hungaria mulai meniti kebangkitan dengan lolos ke babak 16 besar. 

Pada gelaran 2020 ini, mereka pun akan bertekad untuk meraih hasil yang lebih baik. Meskipun perjuangan tak akan mudah. 

Demi wujudkan mimpi lolos dari fase grup, tim Hungaria membawa skuad dengan usia rata-rata 27,2 tahun. Pelatih Marco Rossi diyakini akan mengusung formasi andalan 3-5-2 untuk skuadnya. 

Formasi 3-5-2 ini sendiri akan sedikit istimewa. Ross akan meninggalkan satu gelandang bertahan dengan posisi persis di belakang bek. pemain di posisi ini adalah David Siger. 

Sementara empat gelandang lainnya akan dimajukan lebih ke depan, sehingga formasi Hungaria lebih mirip 3-1-4-2. Barisan tiga bek akan diisi oleh Endre Botka (kanan), Ádám Lang (tengah), dan Attila Szalai (kiri). 

Sedangkan empat gelandang, akan diperankan oleh Gergő Lovrencsics, Kevin Varga, László Kleinheisler, dan András Schäfer. Di posisi penyerang ada duet striker Adam Szalai dan Filip Holender.

Jika melihat dari daftar susunan pemain tadi, sosok Adam Szalai tampaknya bakal jadi tumpuan serta harapan Hungaria untuk bisa mendulang poin di tiap pertandingan penyisihan grup.

Pasalnya, pemain berusia 33 tahun tersebut merupakan striker dengan torehan gol terbanyak buat Timnas Hungaria ketimbang seluruh skuad The Nemzeti Tizenegy saat ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%