Bola Internasional

Bawa Italia Menang Laga Perdana Euro 2020, Donnarumma Pecahkan Rekor Ini

Sabtu, 12 Juni 2021 06:45 WIB
Editor: Coro Mountana
© Getty Images
Gianluigi Donnarumma saat membela Timnas Italia. Copyright: © Getty Images
Gianluigi Donnarumma saat membela Timnas Italia.

INDOSPORT.COM - Gianluigi Donnarumma berhasil memecahkan sebuah rekor usai bawa Italia menang laga perdana Euro 2020.

Bertanding di Olimpico, Roma, Italia berhasil membuka turnamen Euro 2020 dengan penuh gaya. Melawan tim kuda hitam, Turki, Italia sukses menang dengan skor telak, tiga gol tanpa balas.

Gol kemenangan Italia atas Turki berhasil dicetak ooleh Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne. Tapi gol pembuka berasal dari bunuh diri Merih Demiral di awal babak kedua.

Kemenangan ini menjadi sangat spesial bagi Italia karena diraih pada laga perdana Euro 2020. Kemenangan yang terasa sangat spesial terutama bagi Gianluigi Donnarumma.

Menurut Opta, kiper AC Milan ini berhasil memecahkan rekor sebagai penjaga gawang termuda yang membela Italia di turnamen Euro dan Piala Dunia. Usia Donnarumma saat mengawal gawang Italia dini hari tadi baru 22 tahun 206 hari.

Donnarumma bahkan jauh lebih mudah dibanding Gianluigi Buffon yang baru jadi kiper utama Italia pada usia 24 tahun 126 hari. Donnarumma tercatat mengalahkan rekor Giorgio Ghezzi pada usia 23 tahun 342 hari.

Tak hanya jadi kiper termuda di turnamen besar seperti Euro dan Piala Dunia, tapi Donnarumma juga sukses catatkan clean sheets. Tapi yang jauh lebih penting dari itu adalah Donnarumma bawa Italia menang di laga perdana Euro 2020.