Bola Internasional

Klasemen Euro 2020 Grup A: Taklukan Turki, Italia Duduki Takhta Raja

Sabtu, 12 Juni 2021 08:38 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Andrew Medichini/Getty Images
Berikut klasemen grup A Euro 2020 yang memperlihatkan dominasi Italia sebagai raja klasemen usai taklukan Turki. Copyright: © Andrew Medichini/Getty Images
Berikut klasemen grup A Euro 2020 yang memperlihatkan dominasi Italia sebagai raja klasemen usai taklukan Turki.

INDOSPORT.COM - Pertandingan pembuka Euro 2020 awalan bagus bagi Timnas Italia. Bagaimana tidak? Habisi Turki, tim asuhan Roberto Mancini ini langsung rajai puncak klasemen grup A.

Berlangsung di Stadio Olimpico dan dibuka dengan upacara pembukaan oleh musisi dunia seperti Bono U2, The Edge, dan Martin Garrix, kompetisi yang tertunda karena Corona ini langsung jadi panas. Pasalnya duel antar dua negara berlangsung sengit.

Ya, sebelum bisa memboyong tiga poin dengan skor kemenangan telak 3-0 atas Turki, Gli Azzurri dibuat kerepotan. Bayangkan saja, sejak babak pertama terdapat banyak peluang emas yang mampu mereka ciptakan dan hampir mampu buka keunggulan.

Sebut saja aksi dari Giorgio Chiellino, berlanjut Nicolo Barella, hingga Ciro Immobile yang tembakannya masih melebar dari bibir gawang lawan. Adapun mereka hampir dapat penalti sebelum wasit dengan bantuan VAR menganulir keputusan itu.

Akan tetapi, takdir jadi raja klasemen grup A Euro ternyata sudah terlihat ketika Turki lakukan gol bunuh diri. Merih Demiral menjadi aktor blunder fatal yang menyebabkan tim asuhan Mancici kian bergembira.

Setelahnya, giliran Lorenzo Insigne yang mencetak gol kedua memanfaatkan umpan matang Immobile. Kemudian pada gol ketiga, peran kedua pemain asal Negeri Pizza ini dibalik dan bomber Lazio yang berperan penting diakhir laga, skor 3-0.

Atas kemenangan besar ini, Timnas Italia langsung meringsek maju ke papan atas klasemen grup A Euro. Sementara itu, Turki harus rela kehilangan momentum diawal-awal ini sebagai tim juru kunci.