Bola Internasional

Negara-negara yang Lolos dan Berpeluang Menyusul Lebih Cepat ke 16 Besar Euro 2020

Jumat, 18 Juni 2021 13:25 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Heru/Indosport.com
Logo Euforia Eropa Euro 2020 Copyright: © Grafis: Heru/Indosport.com
Logo Euforia Eropa Euro 2020

INDOSPORT.COM - Turnamen sepak bola antar negara Eropa, Euro 2020, sudah memasuki matchday ke-2. Itu artinya, banyak negara-negara yang sudah bisa memastikan diri melaju ke fase gugur 16 besar.

Namun hal tersebut bisa terjadi jika suatu negara mampu memenangkan pertandingan dua kali beruntun. Sebab, koleksi 6 poin sudah cukup membawa mereka lolos.

Sejauh ini, sudah ada tiga negara yang memastikan merebut tiket 16 besar Euro 2020, yakni Italia, Belgia, dan Belanda.

Italia jadi negara pertama yang lolos, setelah mereka meraih hasil bagus dalam dua laga awal melawan Swiss dan Turki.

Tergabung di Grup A, Italia tanpa kesulitan meladeni lawan-lawannya. Mereka menang 3-0 atas Turki di laga perdana, dan menang dengan skor yang sama saat menghadapi Swiss. 

Satu pertandingan sisa melawan Wales tidak akan berpengaruh bagi Italia apapun hasil akhirnya. Namun tim besutan Roberto Mancini ini ingin mengincar kemenangan demi bisa lolos dengan status juara grup A.

Selanjutnya ada Belgia. Tim asuhan Roberto Martinez ini memastikan diri lolos setelah mampu menekuk lawan-lawannya di dua laga awal.

Pertama mereka menang lawan Rusia dengan skor 3-0, dan menang tipis atas Denmark dengan skor 2-1. Satu kemenangan lagi wajib diraih oleh Romelu Lukaku cs untuk bisa merebut status juara grup B melawan Finlandia nanti.

Terakhir dan terbaru satu tim yang lolos ke 16 besar adalah Belanda. Mereka memastikan diri ke fase gugur setelah meraih kemenangan atas Austria dengan skor 2-0.

Sebelumnya, Belanda menang tipis 3-2 atas Ukrainai. Koleksi 6 poin cukup untuk modal mereka tampil di 16 besar, dan bisa melengkapi performanya jika menang atas Makedonia Utara di satu laga sis Grup C.