In-depth

Nasib Phil Foden yang Merana Bersama Timnas Inggris karena Guardiola

Senin, 21 Juni 2021 17:12 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Twitter @ChampionsLeague
Pemain Manchester City dan Timnas Inggris, Phil Foden. Copyright: © Twitter @ChampionsLeague
Pemain Manchester City dan Timnas Inggris, Phil Foden.

INDOSPORT.COM - Pemain Manchester City, Phil Foden, belum lama ini menarik perhatian seniornya di Timnas Inggris, Wayne Rooney.

Foden dianggap tidak cocok bermain di skuat asuhan Gareth Southgate gara-gara ia sudah telanjur dibentuk sebagai anak asuh didikan Pep Guardiola.

Bahkan, tidak tanggung-tanggung, Rooney menganggap Phil Foden menghabiskan seluruh kariernya bermain dengan gaya Pep Guardiola dan Manchester City.

“City bermain di sepertiga akhir dan menjaga penguasaan bola di sana. Foden itu bukan penggiring, ia adalah pemain yang memainkan operan dan bergerak ke posisi yang bagus,” jelas Wayne Rooney, seperti dikutip dari laman Manchester Evening News.

Menurut Rooney, Manchester City adalah tim yang memainkan umpan pendek dan cepat sebelum bergerak sedikit, yang membuat Foden kadang bermain sebagai nomor sembilan, kadang pula nomor 10.

Sementara itu, di Timnas Inggris, ia agak terisolasi di sisi sayap. Lalu, ketika menerima bola, penguasaannya lambat ditambah tak banyak hal yang terjadi di sekitarnya.

Alhasil, Foden pun terpaksa menggiring bola. Terkait hal ini, Rooney pun lebih memilih pemain yang lebih ahli seperti Jack Grealish atau Jadon Sancho untuk melaksanakan peran tersebut.

Opini Wayne Rooney itu pun seperti sebuah ironi bagi seorang Phil Foden, mengingat ia adalah aset masa depan The Three Lions yang sudah berada di level U-16, U-17, U-18, U-19, dan U-21, sampai akhirnya mentas di tim senior.

Dengan pengalamannya yang begitu lama bersama Timnas Inggris, tentu akan sangat disayangkan jika ia justru tidak dapat beradaptasi dengan gaya permainan Gareth Southgate, hanya karena ia sudah dididik dengan gaya Pep Guardiola.

Sebagai informasi, Phil Foden mengawali kariernya di tim junior Manchester City sejak tahun 2009. Setelahnya, ia berhasil menembus tim utama pada 2016.

Selama berseragam The Citizens, Foden memang praktis hanya membela tim ini semata. Guardiola tidak mengirimnya keluar sebagai pemain pinjaman ke klub lain, tidak memberinya kesempatan merasakan gaya sepak bola lain di luar sana.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan pada akhirnya Foden menjelma jadi pemain khas Guardiola dan Manchester City.

Ya, sejak usia 16 tahun, Foden sudah sangat terbiasa dengan pola asuh Guardiola. Tentu akan sangat sulit untuk mengubahnya dalam waktu sekejap, padahal Timnas Inggris saat ini tengah berjuang di Euro 2020. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%