Bola Internasional

Euro 2020: Ada Dukungan LGBT Jelang Jerman vs Hungaria, UEFA Berang

Rabu, 23 Juni 2021 09:49 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Andreas Gebert DFL
Allianz Arena dengan warna pelangi Copyright: © REUTERS/Andreas Gebert DFL
Allianz Arena dengan warna pelangi

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dengan tegas menolak permintaan Jerman untuk menyalakan lampu berwarna pelangi yang erat dengan simbol LGBT+ di Fussball Arena Munich pada ajang Euro 2020.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Wali Kota Munchen, Dieter Reiter meminta izin UEFA untuk menyalakan lampu di medan perang Jerman vs Hungaria, yakni Fussball Arena Munich, dengan lampu berwarna pelangi.

Permintaan Reiter tersebut merupakan salah satu bentuk protes terhadap undang-undang baru terkait LGBT+ yang disahkan di Hungaria.

Melansir dari Marca, Hungaria dikabarkan memberlakukan larangan berbagi konten di sekolah yang dapat dianggap mempromosikan homoseksualitas dan/atau perubahan gender.

Meskipun pemerintah Jerman bertujuan untuk menunjukkan dukungan melalui warna pelangi yang merupakan simbol LGBT+, UEFA terpaksa menolak permintaan tersebut.

Hal ini dikarenakan, UEFA sebagai organisasi netral menolak adanya kampanye atau gerakan dengan tujuan politik mewarnai kompetisi terakbar di Eropa tersebut.

Melalui pernyataan resminya, UEFA menjelasakan alasan penolakan serta menyarankan tanggal lain untuk pemerintah Jerman melakukan hal tersebut.

"UEFA, melalui undang-undangnya, adalah organisasi yang netral secara politik dan agama," tegas UEFA.

“Mengingat konteks politik dari permintaan khusus ini–sebuah pesan yang ditujukan pada keputusan yang diambil oleh parlemen nasional Hungaria, UEFA harus menolak permintaan ini,” tambahnya.

Di sisi lain, UEFA pun memberikan sebuah saran berupa usulan untuk mengganti tanggal penggunaan lampu pelangi di stadion.

Karena pada dasarnya, UEFA mengakui bahwa dirinya merupakan bagian dari organisasi yang mendukung sepakbola untuk semua kalangan.

"UEFA memahami tujuannya adalah mengirim pesan untuk mempromosikan keragaman dan inklusi. Itu mengapa UEFA selama bertahun-tahun telah bergabung dengan klub-klub Eropa, tim nasional dan pemain, untuk meluncurkan kampanye kegiatan di Eropa untuk mempromosikan bahwa sepakbola terbuka untuk semua orang."

"UEFA telah mengusulkan tanggal alternatif yang lebih sesuai dengan acara yang ada."

"UEFA telah mengusulkan kepada kota Munchen untuk menerangi stadion pada 28 Juni-Hari Pembebasan Jalan Christopher-atau antara 3-9 Juli, yang merupakan hari Minggu, Hari Jalan Christopher di Munchen," tutup UEFA.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%