Bola Internasional

Euro 2020: 3 Fakta Unik yang Tercipta dari Italia vs Austria

Minggu, 27 Juni 2021 15:08 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor:
© JUSTIN TALLIS/POOL/AFP via Getty Images
Gelandang Italia Matteo Pessina usai mencetak gol kedua tim ke gawang Austria. Copyright: © JUSTIN TALLIS/POOL/AFP via Getty Images
Gelandang Italia Matteo Pessina usai mencetak gol kedua tim ke gawang Austria.

INDOSPORT.COM – Berlangsung dengan sengit, Italia pada akhirnya berhasil menang atas Austria dengan skor tipis 2-1 dalam pertandingan babak 16 besar Euro 2020.

Meski sedikit ada pro dan kontra terkait gol pemain Austria, Marko Arnautovic yang dianulir VAR karena dinilai offside, namun pertandingan sudah selesai dan suka atau tidak keputusan wasit dan hasil akhir sudah tak bisa diubah.

Itulah yang menjadi drama dan warna dalam sepak bola. Meski demikian, terlepas dari kontroversi itu setidaknya ada tiga fakta unik yang tercipta dalam pertandingan antara Italia vs Austria.

Apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT akan mengulasnya:

Kebobolan Tapi Tetap Jadi Tim Pertahanan Terbaik

© BEN STANSALL/POOL/AFP via Getty Images
Para pemain Italia merayakan kemenangan setelah perpanjangan waktu dalam pertandingan babak 16 besar UEFA EURO 2020. Copyright: BEN STANSALL/POOL/AFP via Getty ImagesPara pemain Italia merayakan kemenangan setelah perpanjangan waktu dalam pertandingan babak 16 besar UEFA EURO 2020.

Setelah melewati 11 pertandingan terakhir, termasuk di fase Grup A Euro 2020 tanpa merasakan kebobolan, kini akhirnya rekor yang dicatat Timnas Italia akhirnya pecah juga.

Dalam pertandingan melawan Austria tadi, mereka akhirnya kebobolan juga dan Sasa Kalajdzic menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol ke gawang Gli Azzurri di pertandingan ke-12.

Meski akhirnya harus kebobolan, tim besutan Roberto Mancini ini tetap bakal menyandang status tim pertahan terbaik, setidaknya selama di Euro 2020 ini.

Jika ditotal, mungkin kurang lebih sekitar 385 menit Timnas Italia tidak kebobolan selama bermain di Euro 2020.

Pencapaian ini jelas bakal sulit ditiru oleh tim manapun mengingat Euro 2020 sudah memasuki babak 16 besar.

Pemain Cadangan Berikan Kemenangan

© Andy Rain - Pool/Getty Images
Federico Chiesa saat membela Timnas Italia di Euro 2020. Copyright: Andy Rain - Pool/Getty ImagesFederico Chiesa saat membela Timnas Italia di Euro 2020.

Sangat jarang terjadi di kompetisi sebesar Euro 2020 jika pencetak gol kemenangan lahir dari pemain yang datang dari bangku cadangan.

Dua gol telat Italia tercipta melalui Federico Chiessa dan Matteo Pessina yang baru dimainkan Mancini pada babak kedua.

Chiessa mencetak gol pembuka dulu untuk keunggulan Italia dengan skor 1-0, sempat dibalas oleh Austria dengan skor 1-1 melalui gol Sasa Kalakdzic, namun pada akhirnya pemain pengganti Italia lainnya, Pessina mampu menutup kemenangan melalui golnya di menit ke-105.