In-depth

Matteo Pessina, Buangan AC Milan yang 2 Kali Jadi Pahlawan Italia di Euro 2020

Minggu, 27 Juni 2021 13:09 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© JUSTIN TALLIS/POOL/AFP via Getty Images
Gagal di AC Milan, Matteo Pessina kini 2 kali jadi pahlawan Italia di Euro 2020, termasuk saat singkirkan Austria di babak 16 besar, Minggu (27/06/21) dini hari. Copyright: © JUSTIN TALLIS/POOL/AFP via Getty Images
Gagal di AC Milan, Matteo Pessina kini 2 kali jadi pahlawan Italia di Euro 2020, termasuk saat singkirkan Austria di babak 16 besar, Minggu (27/06/21) dini hari.

INDOSPORT.COM – Gagal di AC Milan, Matteo Pessina kini 2 kali jadi pahlawan Italia di Euro 2020, termasuk saat singkirkan Austria di babak 16 besar, Minggu (27/06/21) dini hari.

Gelaran Piala Eropa alias Euro 2020 kini telah memasuki babak 16 besar. Usai dibuka oleh duel antara Wales vs Denmark yang dimenangi Denmark, babak perdelapan besar ini dilanjutkan duel Italia vs Austria.

Seperti diketahui, Italia lolos ke 16 besar usai menjuarai Grup A dengan menyapu bersih 3 kemenangan. Sementara itu, Austria adalah runner up Grup C dengan koleksi 6 poin, di bawah Belanda si pemuncak.

Tampil dengan kekuatan terbaik, Gli Azzurri kesulitan menembus pertahanan Austria yang digalang David Alaba. Hingga 2x45 menit skor 0-0 masih bertahan sehingga laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Gol yang ditunggu Italia pun akhirnya tiba di menit ke-95 lewat aksi Federico Chiesa memanfaatkan assist Leonardo Spinazzolla.

Anak asuh Roberto Mancini itu kemudian menggandakan keunggulan di menit ke-105, kali ini lewat bintang Atalanta, Matteo Pessina.

Austria sempat memperkecil skor lewat Sasa Kalajdzic di menit ke-114. Namun, Italia berhasil mempertahankan keunggulan hingga akhir laga dan lolos ke babak perempat final.

Bagi Matteo Pessina sendiri, gol ini merupakan gol keduanya bagi Italia di Euro 2020. Menariknya, semua gol bintang Atalanta ini menjadi penentu kemenangan Gli Azzurri.

Gol pertama bintang 24 tahun itu terjadi di laga melawan Wales di fase grup, di mana Italia menang berkat gol tunggal Pessina.

"Saya masih takjub dengan gol ke gawang Wales, jadi bayangkan bagaimana rasanya mencetak gol kali ini (ke gawang Austria). Saya akan selalu mengingatnya selama karier saya,” ungkapnya via situs resmi UEFA.

Pessina sendiri merupakan nama baru di timnas Italia. Laga melawan Austria dini hari tadi adalah caps kedelapannya sejak menjalani debut menghadapi Estonia di laga persahabatan November tahun lalu.

Ia bahkan sebenarnya tidak masuk dalam skuat resmi Italia untuk Euro 2020. Namun, ia dipilih Roberto Mancini untuk menggantikan Stefano Sensi yang dicoret karena cedera.

Sejauh ini, Matteo Pessina sudah tampil 3 kali di Euro 2020 dengan 1 kali menjadi starter dan mencetak 2 gol. Bukan tidak mungkin, ia akan jadi pemain starter di laga-laga berikutnya, berkat performa apiknya.