Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2021: Barito Putera, Dominasi Pemain Muda Potensial

Sabtu, 21 Agustus 2021 18:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Herry Ibrahim
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Profil Klub Liga 1 2021, Barito Putera. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Profil Klub Liga 1 2021, Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Berikut Barito Putera yang menggunakan mayoritas pemain muda debutan di BRI Liga 1 2021-2022. Mereka berani mengandalkan para pemain jebolan Elite Pro Academy untuk unjuk gigi di kompetisi kasta tertinggi.

Tak sekadar pemain U-18 dan U-20, namun manajemen Laskar Antasari juga memberi kesempatan bagi pemain jebolan U-16 bergabung dengan tim senior.

Selama pandemi Covid-19, Barito Putera termasuk salah satu tim yang masih rutin memberi program latihan. Hal ini nampak dalam ajang pramusim Piala Menpora 2021.

Barito Putera berhasil melaju ke babak 8 besar dengan materi pemain muda, turut menyingkirkan Arema FC dan Persikabo.

Skuat besutan Djajang Nurdjaman hanya takluk dari Persija Jakarta, yang kemudian keluar sebagai juara Piala Menpora 2021.

Maka dari itu, evaluasi Djajang Nurdjaman hanya menyoroti sektor pertahanan. Pelatih asal Majalengka itu pun akhirnya bertaruh dengan menggunakan dua bek asing.

"Kalau evaluasi selama turnamen tentunya masih banyak kekurangan. Kami kebobolan cukup banyak, hasil yang kurang bagus dan itu akan diperbaiki dalam latihan berikutnya."

Maka, duet maut Cassio de Jesus (Brasil) dan Azamat Baimatov (Kirgistan) semakin membuat penasaran, seperti apa kekuatan lini pertahanan Laskar Antasari musim ini.

Terlepas dari pemain asing, materi pemain lokal Barito Putera pun tak kalah bersinar, dan banyak dihuni oleh pemain berlabel Timnas, bahkan mencicipi tim luar negeri.

Seperti baru-baru ini, Barito Putera merekrut bek kiri yang pernah bermain di tim Sloboda Tuzla di Liga Bosnia, Miftah Anwar Sani (25).

Sebelumnya, Barito Putera juga memboyong pemain keturunan yang membela Skovde AIK U-19 di Swedia, Nyoman Paul Aro (20).

Barito juga merekrut pemain muda potensial guna melengkapi skuat. Ada Beni Oktovianto (eks Persib), M. Luthfi Kamal (eks Timnas), dan Chris Robert Rumbiak (Timnas Pelajar).

Jika berkaca dari materi ini, pemain senior Barito Putera hanya bisa dihitung jari, yakni Rizky Pora, Aditya Harlan, dan Bayu Pradana. Skuat Barito Putera pasti akan membawa kejutan dan warna yang berbeda di Liga 1.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%