In-depth

Duel Antarlini Inggris vs Jerman di Euro 2020: Perang Bintang Eropa

Selasa, 29 Juni 2021 16:49 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Membedah duel per lini laga big match klasik antara Inggris vs Jerman di putaran 16 besar Eruo 2020 yang dibanjiri pemain bintang. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Membedah duel per lini laga big match klasik antara Inggris vs Jerman di putaran 16 besar Eruo 2020 yang dibanjiri pemain bintang.

INDOSPORT.COM - Membedah duel per lini laga big match klasik antara Inggris vs Jerman di putaran 16 besar Eruo 2020 yang dibanjiri pemain bintang.

Timnas Inggris akan bertemu Jerman di Wembley pada babak 16 besar Euro 2020, Selasa (29/06/21). Ini bakal menjadi pertarungan seru di Piala Eropa.

Terlepas dari beberapa kritik dari penggemar mereka, Inggris berhasil lolos ke babak 16 besar Euro 2020 dengan cara yang nyaman.

Inggris mengalahkan Republik Ceko dengan skor 1-0 kemudian memperoleh hasil imbang 0-0 saat melawan Skotlandia. Hasil ini membawa The Three Lions memuncaki grup dengan tujuh poin.

Tak heran, Inggris menjadi satu di antara tim dengan serangan berbahaya di Euro 2020. Sejauh ini pertahanan mereka juga cukup gemilang, mengingat belum kebobolan satu pun gol.

Inggris total merasakan 9 kemenangan beruntun sejak kalah dari Belgia pada November lalu, namun tak bisa dipungkiri bahwa Jerman akan menjadi ujian terberat mereka.

Terlebih, akurasi operan dan penguasaan bola Inggris jauh di belakang negara-negara terkemuka sejauh ini.

Di lain sisi, Jerman menunjukkan inkonsistensi di Euro 2020. Die Mannschaft mengawali fase grup dengan takluk di tangan Prancis.

© Markus Gilliar/GES-Sportfoto via Getty Images
Para pemain Jerman merayakan gol pada pertandingan Grup F, UEFA Euro 2020 antara Portugal dan Jerman. Copyright: Markus Gilliar/GES-Sportfoto via Getty ImagesPara pemain Jerman merayakan gol pada pertandingan Grup F, UEFA Euro 2020 antara Portugal dan Jerman.

Setelahnya Der Panzer mengalahkan Portugal 4-2 berkat keberuntungan, di mana 2 gol tercipta karena bunuh diri pemain Selecao. Timnas Jerman berada di fase yang menyesakkan dada sejak Piala Dunia 2018, tetapi kedalaman skuat Joachim Low bisa saja melukai Inggris.

Pertarungan Inggris vs Jerman selalu ditunggu-tunggu publik sepak bola dunia. Bagaimana tidak, kedua tim sama-sama dihuni banyak bintang kelas dunia. Lalu, bagaimana kedua tim bertabur bintang ini akan tampil di babak 16 besar nanti?

Duel Antarlini Inggris vs Jerman

FORMASI

Inggris 3-4-3
Jerman 3-4-2-1

KIPER

Untuk posisi penjaga gawang, kedua tim dapat menurunkan kiper terbaik mereka. Inggris akan kembali mengandalkan Jordan Pickford, sementara Jerman mengandalkan sang kapten, Manuel Neuer.

Baik Neuer maupun Pickford tidak begitu tampil istimewa di Euro 2020 ini. Meski begitu, catatan positif perlu diberikan kepada Pickford yang gawangnya belum kebobolan di fase grup.

Sementara Manuel Neuer belum lagi bisa kembali ke performa terbaik. Situs whoscored hanya memberikan rata-rata rating 6.01 untuk Neuer.  Meski begitu, Neuer tetap menjadi pilihan nomor Jerman untuk saat ini. Sebab,  Neuer juga memiliki peran sebagai pemimpin.

BELAKANG

Kedua tim sama-sama menganut skema tiga bek. Inggris dengan 3-4-3, sementara Jerman dengan 3-4-2-1. Pelatih Inggris, Gareth Southgate, diyakini akan menurunkan trio Harry Maguire (kiri), John Stones (tengah), dan Kylie Walker (kanan).

Sejauh ini barisan pertahanan Inggris cukup teruji dengan belum kebobolan satu pun gol di Euro 2020. Meski begitu, melawan Jerman tentu akan berbeda.

Di sisi lain, Der Panzer juga memiliki trio andalan mereka yakni Matthias Ginter di kanan, Matt Hummels di tengah, dan Antonio Rudiger di kiri.

Di atas kertas kualitas pertahanan kedua tim tidak jauh berbeda. Namun patut dicatat, dua bek kunci yakni Maguie di Inggris dan Rudiger di Jerman merupakan pemain belakang yang terbiasa main dalam format empat bek.

Untuk itu, pertarungan lini tengah menjadi kunci yang menentukan kedua tim untuk bisa mencetak gol di laga ini.