Bola Internasional

Babak Belur di Euro 2020, Frank de Boer Resmi Mundur Sebagai Pelatih Belanda

Rabu, 30 Juni 2021 05:18 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Andre Weening/BSR Agency/Getty Images
Memphis Depay dan Frank de Boer di laga Euro 2020 Timnas Belanda kontra Austria. Copyright: © Andre Weening/BSR Agency/Getty Images
Memphis Depay dan Frank de Boer di laga Euro 2020 Timnas Belanda kontra Austria.

INDOSPORT.COM – Gagal hantarkan Belanda lolos ke partai final Euro 2020 bahkan keok dari tim kuda hitam, Frank de Boer resmi mengundurkan diri sebagai pelatih kepala De Oranje.

Melansir dari laman resmi federasi sepak bola Belanda, KNVB, disebutkan bahwa Frank de Boer mundur dari Timnas Belanda pada Selasa (29/06/21) waktu setempat.

Lebih lanjut KNVB menjelaskan, jika Frank de Boer mundur lantaran gagal memenuhi target yang diberikan federasi khususnya di ajang Euro 2020.

Sebagai informasi, KNVB menargetkan Frank de Boer bisa membawa Belanda melaju hingga perempat final Euro 2020, namun hasilnya skuad De Oranje malah terhenti di 16 besar.

"Frank De Boer telah mengumumkan bahwa ia tidak mau melanjutkan menjadi manajer Timnas Belanda,"

"Hal ini selaras dengan kontrak yang mengikat kedua pihak, di mana ia ditargetkan membawa Belanda ke perempat final Euro 2020. Jadi kontraknya tidak akan diperpanjang,"tulis keterangan KNVB.

Sementara itu, Frank de Boer merasa bangga bisa mendapat kesempatan untuk menukangi timnas Belanda walau karirnya hanya seumur jagung.

Mantan pelatih Inter Milan ini juga mengakui, bahwa tugasnya bersama timnas Belanda memiliki tekanan cukup besar terutama dalam perjalanan tim di Kualifikasi Piala Dunia.

"Ketika saya didekati menjadi pelatih tim nasional di 2020, saya merasa bangga dan tertantang. Namun saya juga menyadari bahwa ada tekanan yang besar dan tekanan ini semakin membesar dari hari ke hari dan situasi ini tidak sehat bagi saya dan juga tim ini, terutama dalam perjalanan sepakbola Belanda di kualifikasi Piala Dunia," ujarnya.