Bola Internasional

Oleksandr Zinchenko, Harta Karun Timnas Ukraina di Euro 2020

Rabu, 30 Juni 2021 11:03 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Craig Williamson/SNS Group via Getty Images
Man of the Match Euro dari Timnas Ukraina, Oleksandr Zinchenko. Copyright: © Craig Williamson/SNS Group via Getty Images
Man of the Match Euro dari Timnas Ukraina, Oleksandr Zinchenko.

INDOSPORT.COM - Oleksandr Zinchenko didapuk sebagai Man of the Match pertandingan 16 besar Euro 2020 antara Swedia vs Ukraina, Rabu (30/06/21).

Bintang Manchester City tersebut tercatat menyarangkan satu dari dua gol kemenangan skuat asuhan Andriy Shevchenko, yang membuat mereka melaju ke fase berikutnya untuk menghadapi Inggris pada awal Juli nanti.

Bicara soal jalannya pertandingan Swedia vs Ukraina, satu-satunya gol Zinchenko yang ia cetak pada menit ke-27 bertahan sampai babak perpanjangan waktu, yang membuat kedua tim harus berlomba-lomba unggul demi tiket perempat final.

Saat itu, papan skor menunjukkan angka 1-1 lantaran Emil Forsberg menyamakan kedudukan pada menit ke-43.

Awal-awal masa extra time, Timnas Swedia masih mendominasi dan menggempur pertahanan Ukraina. Namun alur permainan berubah saat Marcus Danielson dihukum kartu merah usai membuat pelanggaran keras pada menit ke-98.

Hingga akhirnya, Artem Dovbyk membuat skor menjadi 2-1 setelah memaksimalkan umpan silang yang luar biasa ke dalam kotak dari sayap kiri oleh Zinchenko, dengan sundulan ke bagian belakang gawang pada menit ke-120.

Berhasil menorehkan satu gol dan satu assist, Oleksandr Zinchenko pun didapuk sebagai Man of the Match Euro 2020 di pertandingan Swedia vs Ukraina.

Berhasil melaju ke 8 besar pun dianggap sebagai pencapaian hebat Timnas Ukraina di Euro 2020. Zinchenko sadar betul bahwa momen ini harus dirayakan dengan gembira dan penuh kebahagiaan.

“Ini adalah pencapaian bersejarah, saran saya untuk orang-orang, mari kita rayakan karena bisa saja momen-momen ini tidak akan terulang lagi,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi UEFA.

“Saya sangat bangga bisa menunjukkan negara saya ke mata dunia dan menunjukkan bahwa kami bisa mewujudkan cita-cita kami,” tambahnya lagi.