In-depth

Unai Simon, Kiper Tukang Blunder yang Bangkit Jadi Pahlawan Spanyol di Euro 2020

Sabtu, 3 Juli 2021 14:59 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Kirill Kudryavstev - Pool/Getty Images
Sempat disorot berkat blundernya di 16 besar Euro 2020, Unai Simon kini jadi pahlawan kemenangan Spanyol di perempat final usai gemilang di babak adu penalti. Copyright: © Kirill Kudryavstev - Pool/Getty Images
Sempat disorot berkat blundernya di 16 besar Euro 2020, Unai Simon kini jadi pahlawan kemenangan Spanyol di perempat final usai gemilang di babak adu penalti.

INDOSPORT.COM – Sempat disorot berkat blundernya di 16 besar Euro 2020, Unai Simon kini jadi pahlawan kemenangan Spanyol di perempat final usai gemilang di babak adu penalti.

Timnas Spanyol sukses meraih kemenangan saat tampil di perempat final Euro 2020 menghadapi Swiss, Jumat (02/07/21) malam WIB. Hasil tersebut pun meloloskan mereka ke semifinal,  bertemu Italia yang menyingkiran Belgia.

Tiket ke semifinal sendiri tidak diraih dengan mudah oleh La Furia Roja. Sempat unggul cepat di menit ke-8 lewat gol bunuh diri Denis Zakaria, Spanyol kebobolan oleh Xherdan Shaqiri di menit ke-68.

Hasil 1-1 itu bertahan hingga 2x45 menit meski Swiss bermain 10 orang akibat kartu merah Remo Freuler di menit ke-77. Akibatnya, laga pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

Meski demikian, tak ada gol yang tercipta di perpanjangan waktu sehingga duel dilanjutkan ke adu penalti.

Di babak tos-tosan, La Furia Roja sempat tertekan setelah kapten Sergio Busquets yang jadi algojo pertama gagal. Namun, pada akhirnya tim asuhan Luis Enrique ini berhasil meraih kemenangan 3-1.

Tampil sebagai pahlawan Spanyol di laga ini adalah kiper Unai Simon. Sempat kebobolan eksekusi Mario Gavranovic, Simon sukses menepis Fabian Schar dan Manuel Akanji sedangkan tendangan Ruben Vargas melenceng dari sasaran.

Aksi gemilang itu pun membuat UEFA memberikan gelar Star of the Match alias pemain terbaik di pertandingan perempat final Euro 2020 tersebut kepada Unai Simon.

Meski demikian, Unai Simon bersikap rendah hati dengan melontarkan pujian kepada rivalnya, Yann Sommer, yang merupakan kiper timnas Swiss. Ia bahkan menyebut Sommer lebih pantas mendapat gelar pemain terbaik.

“Jujur, saya ingin menyerahkan gelar ini (Star of the Match) kepada Yann Sommer,” kata Simon seperti dilansir Marca.

Sommer sendiri  memang tampil tak kalah gemilang dengan melakukan 10 penyelamatan sepanjang 120 menit dan sempat menepis eksekusi penalti Rodri di babak tos-tosan.