In-depth

Luke Shaw di Euro 2020: Menjelma David Beckham, Membungkam Jose Mourinho

Minggu, 4 Juli 2021 14:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Eddie Keogh - The FA/The FA via Getty Images
Luke Shaw tampil gemilang bersama Inggris di Euro 2020. Bek kiri MU itu sukses mengikuti jejak bintang legendaris David Beckham dan membungkam Jose Mourinho Copyright: © Eddie Keogh - The FA/The FA via Getty Images
Luke Shaw tampil gemilang bersama Inggris di Euro 2020. Bek kiri MU itu sukses mengikuti jejak bintang legendaris David Beckham dan membungkam Jose Mourinho

INDOSPORT.COM – Luke Shaw tampil gemilang bersama Inggris di Euro 2020. Bek kiri MU itu sukses mengikuti jejak bintang legendaris David Beckham dan membungkam Jose Mourinho.

Bertemu Ukraina di perempat final Euro 2020, Minggu (04/07/21) dini hari, tim Tiga Singa tampil dominan. Mereka bahkan sudah mencetak gol di menit ketiga lewat aksi Harry Kane.

Tim asuhan Gareth Southgate ini akhirnya menutup laga dengan kemenangan telak 4-0, setelah di babak kedua mencetak 3 gol tambahan lewat Harry Maguire, Jordan Henderson, dan gol kedua Harry Kane.

Hasil ini pun membawa Inggris lolos ke semifinal untuk bertemu Denmark, sekaligus menegaskan penampilan apik Inggris di Euro 2020.

Seperti diketahui, dari 5 laga yang sudah dijalani Inggris di Euro 2020, mereka belum kebobolan 1 gol pun. Produktivitas gol mereka pun meningkat dari hanya 2 gol di Euro, menjadi 6 gol di 16 besar dan perempat final.

Salah satu pemain kunci kegemilangan Inggris adalah bek kiri Luke Shaw. Sempat tak dimainkan di laga pertama melawan Kroasia, Shaw kemudian tak tergusur dengan selalu menjadi starter di 4 laga berikutnya.

Tak hanya piawai menggalang pertahanan, bintang MU ini juga menjadi senjata Inggris dalam melakukan serangan.

Terbukti, di laga melawan Ukraina ia sukses mencetak 2 assist. Eksekusi tendangan bebasnya berbuah gol Harry Maguire di menit ke-46, sedangkan umpan silangnya membantu Kane mencetak gol di menit ke-50.

Dengan tambahan 2 assist itu, Shaw pun kini telah mencetak 3 assist di Euro 2020. Sebelumnya, ia sudah mencetak 1 assist saat menghadapi Jerman di 16 besar.

Total 3 assist itu pun menyamai catatan David Beckham yang mencetak 3 assist di Euro 2020. Dengan Iolosnya Inggris ke semifinal, dan fakta bahwa ia adalah bek kiri utama Tiga Singa di Euro, jumlah assist Luke Shaw pun masih berpotensi bertambah dan membawanya melewati David Beckham.