Bola Internasional

Euro 2020: Jordan Pickford Jaminan 100 Persen Raih Golden Gloves

Rabu, 7 Juli 2021 14:43 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor:
© Lars Baron/Getty Images
Jordan Pickford, kiper Timnas Inggris. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Jordan Pickford, kiper Timnas Inggris.

INDOSPORT.COM – Kiper Timnas Inggris, Jordan Pickford berpeluang besar meraih penghargaan kiper terbaik atau Golden Glove di kompetisi Euro 2020.

Hal itu tak lepas dari peranannya yang mampu menjaga gawang Three Lions yang sejak fase grup hingga memasuki semifinal Euro 2020 tanpa kebobolan.

Meski lini pertahanan Inggris yang lebih disorot, yakni Harry Maguire dan John Stones yang mampu bekerja sama dengan baik, namun tetap saja Pickford bisa sigap saat mendapat serangan jarak jauh atau tembakan tak terduga dari pemain lawan.

Tercatat, dari lima pertandingan Timnas Inggris di Euro 2020 dengan rincian tiga laga di Grup D, lalu babak 16 besar dan perempatfinal, Raheem Sterling dan kawan-kawan mampu menjaga lini pertahanan mereka dengan sangat baik.

Hasil inilah yang membuat mereka menjadi satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan sejauh ini dan Pickford pun berpeluang besar mendapatkan gelar individu sebagai kiper terbaik atau Golden Gloves.

Pickford memang baru berpeluang besar mendapatkan gelar individu tersebut, namun belum pasti mendapatkannya.

Sebab, gawangnya masih bisa kebobolan saat melawan Denmark nanti, termasuk andai kata lolos ke final dan melawan Italia.

Mungkin, jika Inggris kalah dengan skor 0-2, kiper milik Everton itu masih bisa mendapatkan penghargaan individu tersebut, termasuk kebobolan satu kali saat lawan Denmark atau jika lolos ke final dan kembali kebobolan satu gol.

© Marvin Ibo Guengoer/Getty Images
Inggris vs Jerman. Copyright: Marvin Ibo Guengoer/Getty ImagesSalah satu penyelamatan Jordan Pickford ke gawang Inggris saat mendapat serangan dari  penyerang Jerman. Timo Werner.

Namun lebih dari itu, penghargaan Sarung Tangan Emas jelas bakal melayang dari kiper berusia 27 tahun tersebut.

Jelas Jordan Pickford dan Timnas Inggris harus bisa mencegah agar hal itu tidak terjadi, bukan hanya agar gawang mereka kebobolan saja, tetapi juga demi mendapatkan kemenangan pastinya.

Italia yang disebut-sebut sebagai tim yang memiliki dinding pertahanan terkuat saja sudah kebobolan tiga gol yang didapat masing-masing satu gol mulai dari babak 16 besar melawan Austria, perempatfinal melawan Belgia, dan semifinal melawan Spanyol.

Sedangkan Denmark tercatat sejak fase grup hingga memasuki semifinal ini sudah kebobolan lima gol, di mana empat diantaranya didapat di fase grup dan satu gol lagi didapat saat melawan Ceko di babak perempatfinal Euro 2020.