Bola Internasional

Impresif! 5 Liga Ini Berkontribusi Sumbangkan Banyak Gol di Euro 2020

Kamis, 8 Juli 2021 17:08 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor:
© Grafis:Heru/Indosport.com
Logo Euforia Eropa Euro 2020 Copyright: © Grafis:Heru/Indosport.com
Logo Euforia Eropa Euro 2020

INDOSPORT.COM – Sebanyak lima liga sepak bola dari negara besar mampu menyumbangkan banyak gol di kancah Euro 2020 ini, liga mana sajakah itu?

Tanpa terasa ya Sobat Indoport, Euro 2020 sudah memasuki babak final dengan mempertemukan Italia vs Inggris di dalamnya yang rencananya bakal digelar hari Senin (12/07/21) pukul 02:00 WIB di Stadion Wembley.

Sebelum kita berangkat dan turut meramaikan dengan menyaksikan pertandingan tersebut, tahukah kalian ternyata dari 28 tim peserta Euro 2020 ada lima liga profesional yang berada di bawah naungan Federasi Sepak Bola Eropa, UEFA yang mampu menyumbangkan banyak gol?

Posisi top skor sementara Euro 2020 saat ini masih dipegang oleh dua nama yang timnya sudah gugur, yakni Cristiano Ronaldo dari Portugal dan Patrik Schick dari Ceko yang sama-sama mengemas lima gol.

Ronaldo dari Juventus perwakilan di Serie A Italia sementara Schick dari Bayer Leverkusen perwakilan di Bundesliga Jerman.

Jumlah gol mereka jika ditambah dengan pemain dari negara lain namun berasal dari kompetisi yang sama tentu bisa menjadi salah satu bukti liga mana yang tersubur dalam urusan mencetak gol.

Berikut adalah ulasan lima liga elite Eropa penyumbang gol terbanyak di Euro 2020 dilansir dari Transfermarkt:

Ligue 1 Prancis

© Sportzwiki
Logo Ligue 1 Prancis. Copyright: SportzwikiLogo Ligue 1 Prancis.

Kompetisi Ligue 1 Prancis tercatat sebagai kompetisi dalam urutan kelima dalam penyumbang gol terbanyak di Euro 2020.

Tercatat, seluruh pemain Ligue 1 Prancis yang bermain di Euro 2020 mampu menyumbangkan delapan gol.

Salah satu pemain yang menonjol di Ligue 1 Prancis adalah striker OGC Nice yang bermain untuk Timnas Denmark, Kasper Dolberg yang mencetak dua dari delapan gol yang dikemas oleh pemain peserta Euro 2020 yang bermain kompetisi Ligue 1 Prancis.

Termasuk Memphis Depay dari Timnas Belanda yang kala itu masih berstatus pemain Lyon sebelum akhirnya pindah ke Barcelona.

LaLiga Spanyol

© Brian Ach/Getty Images
Logo LaLiga Spanyol. Copyright: Brian Ach/Getty ImagesLogo LaLiga Spanyol.

Urutan keempat berada pada Negeri Matador yang para pemain dari LaLiga menyumbangkan 13 gol di Euro 2020.

Pemain yang paling disorot jelas striker Real Madrid, Karim Benzema yang pernah mencetak dua gol ke gawang Portugal.

Liga Inggris

© Catherine Ivill/Getty Images
Logo Liga Primer Inggris Copyright: Catherine Ivill/Getty ImagesLogo Liga Inggris.

Urutan ketiga jatuh pada kompetisi yang terkenal dengan sebutan Kick n’Rush, yakni Liga Inggris yang terhitung menyumbangkan 24 gol di Euro 2020.

Bukan hanya datang dari pemain lokal seperti Raheem Sterling, Harry Kane, maupun Harry Maguire di Timnas Inggris, tetapi juga dari berbagai negara namun bermain di Liga Inggris, seperti pemain Swiss, Xherdan Shaqiri yang bermain di Liverpool.

Ada juga striker Portugal yang juga rekan setim Shaqiri, yakni Diogo Jota. Playmaker Man United, Paul Pogba di Timnas Prancis, playmaker Man City, Kevin De Bruyne dari Timnas Belgia, hingga dua bek Chelsea, Cesar Azpilicueta di Timnas Spanyol, serta Andreas Christensen di Timnas Denmark.