Bola Internasional

Italia vs Inggris di Final Euro 2020, Pembuktian Dua Liga Terbaik di Dunia

Kamis, 8 Juli 2021 12:02 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor:
© SmartRestaurant
Final Euro 2020 mempertemukan antara Inggris vs Italia Copyright: © SmartRestaurant
Final Euro 2020 mempertemukan antara Inggris vs Italia

INDOSPORT.COM – Euro 2020 sudah sampai tahap babak final dengan menempatkan Italia melawan Inggris di dalamnya.

Pertandingan ini nantinya bakal digelar hari Minggu (11/07/21) malam waktu setempat atau Senin (12/07/21) dini hari pukul 02:00 WIB di Stadion Wembley.

Kepastian laga final ini didapat setelah Inggris sukses membungkam Denmark di semifinal Euro 2020 dini hari tadi dengan skor 2-1.

Inggris tertinggal lebih dulu pada menit ke-30 setelah pemain Denmark, Mikkel Darmsgaard mampu mencetak gol cantik melalui tendangan bebas secara langsung.

Sembilan menit kemudian atau tepat di menit ke-39, tuan rumah Inggris berhasil menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri kapten Timnas Denmark, Simon Kjaer.

Pemain AC Milan ini berniat untuk menghadang bola umpan dari Bukayo Saka yang ditujukan kepada Raheem Sterling. Namun sayangnya, pantulan bola dari umpan Saka terlalu keras mengenai kaki Kjaer hingga membuat bola masuk ke gawangnya sendiri.

Kedua tim pun bermain imbang hingga memasuki perpanjangan waktu, barulah di sini Inggris mendapatkan gol kemenangan melalui Harry Kane yang memanfaatkan bola rebound hasil tembakan penaltinya yang sempat ditepis oleh kiper Denmark, Kasper Schmeichel.

© UEFA Euro 2020
Harry Kane dan skuad Inggris merayakan gol ke gawang Denmark dalam laga semifinal Euro 2020, Kamis (08/07/21) dini hari WIB. Copyright: UEFA Euro 2020Harry Kane dan skuad Inggris merayakan gol ke gawang Denmark dalam laga semifinal Euro 2020, Kamis (08/07/21) dini hari WIB.

Sedangkan Italia lebih dulu memastikan tempat final Euro 2020 usai mengalahkan Spanyol melalui drama adu penalti dengan skor 4-2 setelah sempat bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Italia mampu unggul lebih dulu melalui gol Federico Chiessa di menit ke-60, sedangkan Spanyol berhasil menyamakan kedudukan melalui Alvaro Morata di menit ke-80.

Dengan demikian, Final Euro 2020 mempertemukan dua liga sepak bola terbaik dalam beberapa tahun terakhir, Italia vs Inggris.

© Twitter.com/Azzurri
Selebrasi Jorginho bersama Timnas Italia di Euro 2020 Copyright: Twitter.com/AzzurriSelebrasi Jorginho bersama Timnas Italia di Euro 2020.

Ya, Serie A dan Liga Primer memang harus diakui dalam beberapa tahun terakhir mampu mengalahkan pamor lain, seperti LaLiga Spanyol, Ligue 1 Prancis, dan juga Bundesliga Jerman.

Hal ini harus diakui dari banyaknya pemain berlabel bintang dari berbagai negara yang banyak bermain di dua negara tersebut.

Liga Inggris sudah tak perlu diragukan lagi karena hampir setiap tahunnya memiliki pemain bintang yang berkualitas, baik yang baru didatangkan dari liga lain maupun hasil akademi klub sendiri.

Serie A Italia pun demikian, mereka awalnya lebih dulu menggunakan banyak pemain dari dalam negeri, barulah dalam beberapa tahun terakhir, Negeri Spaghetty mendatangkan pemain bintang dari luar negeri.

Bisa dikatakan sejak kehadiran Cristiano Ronaldo ke Juventus di tahun 2018 membuat pamor Serie A meningkat.

Setelah itu, sejumlah pemain bintang pun berdatangan juga ke klub rival, salah satunya Inter Milan yang banyak mendatangkan bintang dari Liga Inggris.

Sementara LaLiga yang juga sempat masuk kategori liga sepak bola terbaik terpaksa harus kalah pamor, selain karena ditinggal Ronaldo, banyaknya kasuk dalam negeri membuat meriahnya sepak bola mereka sedikit menurun.

Dengan demikian, bisa dikatakan Final Euro 2020 antara Italia vs Inggris merupakan final yang layak untuk disajikan.