Liga Indonesia

Kukuhkan Kontingen Olimpiade 2020, Menpora Sampaikan Pesan Menyentuh Kalbu

Kamis, 8 Juli 2021 14:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Kemenpora
Menpora, Zainudin Amali. Copyright: © Kemenpora
Menpora, Zainudin Amali.

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali mengukuhkan kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2020. Pengukuhan kali ini pun dilakukan secara daring sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di masa PPKM Darurat.

Menpora mengukuhkan kontingen Indonesia yang dipimpin Rosan P. Roeslani sebagai Chef de Mission (CdM) untuk Olimpiade 2020 Tokyo. 

Tim Merah Putih beranggotakan 28+1 atlet dari delapan cabang olahraga, 23 ofisial, dan 20 personel tim head quarters. Semuanya mengikuti upacara pengukuhan dari pelatnas dan tempat masing-masing.

“Di tengah kasus Covid-19 yang tengah meningkat, atas kerja keras CdM dan NOC Indonesia akhirnya kami memutuskan menggelar pengukuhan secara virtual. Namun, tidak mengurangi makna pengukuhan sebagaimana dalam kondisi normal,” kata Menpora dalam sambutannya, Kamis (8/7/21).

Menpora menegaskan kepada para atlet untuk berjuang maksimal. Sebab, baginya bila meraih sukses di Olimpiade bisa dikenang sebagai pahlawan.

“Jangan sia-siakan kesempatan ini, anggaplah ini Olimpiade terakhir Anda. Jangan menyerah sebelum akhir kompetisi, karena jika berhasil Anda akan dikenang sebagai pahlawan telah mengharumkan nama bangsa,” ujar Zainudin Amali.

Upacara pengukuhan didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Surat Keputusan Olimpiade Tokyo oleh Sekjen NOC Indonesia Ferry J. Kono yang didampingi Komite Eksekutif Rafiq Hakim Radinal serta Teuku Arlan Lukman.

Setelahnya, janji atlet dibacakan Aflah Fadlan Prawira (renang) dan Diananda Chairunisa (panahan). Dilanjutkan pembacaan laporan Chef de Mission Kontingen Olimpiade Tokyo Rosan P Roeslani. 

Kemudian ada amanat Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), dan amanat Menpora yang diakhir dengan pengukuhan Kontingen Olimpiade Indonesia secara resmi.