Bola Internasional

4 Fakta Unik Jelang Final Euro 2020, Italia Lebih Diuntungkan?

Sabtu, 10 Juli 2021 21:45 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis:Heru/Indosport.com
Logo Euforia Eropa Euro 2020 Copyright: © Grafis:Heru/Indosport.com
Logo Euforia Eropa Euro 2020

INDOSPORT.COM - Kurang lebih sekitar dua hari lagi pencinta sepak bola bakal disajikan dengan final Euro 2020 antara Italia vs Inggris yang digelar di Stadion Wembley.

Sebagian besar pencinta sepak bola sejati banyak yang mengakui jika final Euro 2020 ini merupakan final yang ideal karena kedua tim mampu tampil konsisten sejak awal kompetisi.

Tak hanya itu, dua negara ini juga memiliki kompetisi yang bisa dibilang sebagai kompetisi terbaik di Eropa, bahkan di dunia, yakni Serie A dan Liga Primer sehingga banyak yang merasa Italia dan Inggris pantas berada di final Euro 2020.

Sebelum menyaksikan pertandingan final Euro 2020 antara Italia vs Inggris di Stadion Wembley, Senin (12/7/21) pukul 02.00 WIB, terdapat fakta menarik dan unik yang bisa kita simak.

Berikut ini empat fakta unik jelang Final Euro 2020:

Inggris Tak Pernah Menang Lawan Italia di Pertandingan Kompetitif

Maksud pertandingan kompetitif adalah pertemuan dalam persaingan yang ketat di kompetisi resmi.

Dalam enam pertandingan kompetitif terakhir yang dilakoni oleh kedua tim, Inggris sama sekali belum pernah menang atas Italia.

Terakhir kali, Inggris merasakan kemenangan di laga kompetitif atas Gli Azzurri di Kualifikasi Piala Dunia 1978, di mana saat itu Three Lions menang dengan skor 2-0.

Hasil ini bisa jadi suntikan motivasi bagi skuat Negeri Spaghetty, apalagi sejak dilatih oleh Roberto Mancini, Italia belum pernah kalah dalam 33 pertandingan terakhir, termasuk di seluruh pertandingan Euro 2020.

© Twitter.com/Azzurri
Selebrasi Jorginho bersama Timnas Italia di Euro 2020 Copyright: Twitter.com/AzzurriSelebrasi Jorginho bersama Timnas Italia di Euro 2020.

Sebuah modal yang sangat berharga bukan? Meski demikian, lagi-lagi ini hanyalah catatan sejarah yang tentunya tak bisa dijadikan patokan.

Italia jelas sadar itu dan Inggris pun demikian. Mereka juga pasti tak peduli dengan sejarah, terlebih mereka sudah membuktikannya dengan mengalahkan Jerman di babak 16 besar Euro 2020.

Sebelum laga melawan Jerman, Inggris kerap dihantui dengan sejarah yang mengatakan mereka sering dikalahkan oleh Der Panzer setiap bertemu di babak penyisihan.

Namun pada akhirnya mereka berhasil membuktikan dengan menang 2-0 atas Jerman dalam pertandingan tersebut.

Tak hanya itu, Timnas Inggris juga memang mengalami peningkatan yang sangat pesat sejak dilatih Gareth Southgate sehingga pertandingan nanti dapat berjalan dengan menarik.

Dalam Adu Penalti, Inggris Hanya Menang 1 dari 4, Italia 3 dari 5

Jika harus adu penalti, tampaknya Italia kembali diunggulkan karena mereka pernah memenangkan tiga dari lima adu penalti di sepanjang sejarah Piala Eropa, sementara Inggris baru sekali menang adu penalti dalam empat pertandingan Piala Eropa.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%