Bola Internasional

Italia vs Inggris, 2 Raksasa Sepak bola yang Jarang Berjodoh di Turnamen Akbar

Sabtu, 10 Juli 2021 12:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© SmartRestaurant
Final Euro 2020 mempertemukan antara Inggris vs Italia Copyright: © SmartRestaurant
Final Euro 2020 mempertemukan antara Inggris vs Italia

INDOSPORT.COM - Final Euro 2020 sudah di depan mata. Dua negara sepak bola unggulan di benua biru, Italia dan Inggris, akan saling tikam di partai puncak untuk menjadi yang terbaik.

Italia dan Inggris akan bertemu di final Euro 2020 yang akan berlangsung di Stadion Wembley, London, pada Senin (12/7/21) WIB.

Italia memastikan lolos ke babak final pasca menumbangkan Spanyol lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal dan tambahan waktu.

Sedangkan Inggris berhasil mengalahkan Denmark di semifinal dengan skor 2-1 lewat gol Harry Kane di babak tambahan waktu.

Bagi Italia, Euro 2020 akan menjadi kesempatan untuk Gli Azzurri meraih titel keduanya di ajang ini setelah meraihnya pertama kali pada 1968.

Sedangkan bagi Inggris, laga final Euro 2020 bisa mengakhiri penantian panjang akan gelar setelah terakhir kali meraihnya pada tahun 1966 kala menjuarai Piala Dunia.

Menilik sejarah keduanya hingga menjadi negara sepak bola, baik Italia dan Inggris mendapatkan status tersebut berkat kompetisi dalam negeri keduanya yakni Serie A dan Liga Primer.

Kedua kompetisi ini mampu mendominasi hiburan sepak bola modern. Serie A Italia menguasai di akhir era 1990-an, sedangkan Liga Inggris menguasainya di awal era 2000-an.

Meski memiliki status sebagai gudang sepak bola dan memiliki sejarah panjang di sepak bola, baik Italia dan Inggris malah jarang bertemu di pentas turnamen internasional.

Tak percaya? Berikut rekor pertemuan kedua tim di turnamen resmi internasional baik itu Euro maupun Piala Dunia serta perbedaan rival Italia dan Inggris.