In-depth

3 Modal Kuat Inggris Permalukan Italia di Final Euro 2020

Minggu, 11 Juli 2021 04:40 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© ETTORE FERRARI/POOL/AFP via Getty Images
Menghadapi salah satu rival bebuyutuan di final Euro 2020, yakni Italia, Timnas Inggris tetap percaya diri karena memiliki tiga modal berharga. Copyright: © ETTORE FERRARI/POOL/AFP via Getty Images
Menghadapi salah satu rival bebuyutuan di final Euro 2020, yakni Italia, Timnas Inggris tetap percaya diri karena memiliki tiga modal berharga.

INDOSPORT.COM - Menghadapi salah satu rival bebuyutuan di final Euro 2020, yakni Italia, Timnas Inggris tetap percaya diri karena memiliki tiga modal berharga. 

Final Euro 2020 sudah di depan mata. Dua negara sepak bola terbaik di benua biru, Italia dan Inggris, akan saling tikam di partai puncak untuk menjadi yang terbaik.

Italia memastikan lolos ke babak final pascamenumbangkan Spanyol lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal dan tambahan waktu.

Sementara Inggris berhasil mengalahkan Denmark di semifinal dengan skor 2-1 lewat gol Harry Kane di babak tambahan waktu.

Bagi Italia, final Euro 2020 akan menjadi kesempatan untuk Gli Azzurri meraih titel keduanya di ajang ini setelah meraihnya pertama kali pada 1968.

Sedangkan bagi Inggris, laga final Euro 2020 bisa mengakhiri penantian panjang akan gelar setelah terakhir kali meraihnya pada tahun 1966 kala menjuarai Piala Dunia.

Keinginan mengulangi pencapaian di masa lalu menjadi topik utama dalam duel ini. Diyakini, baik Italia dan Inggris akan menurunkan ‘The Winning Team’-nya agar meraih hasil maksimal.

Diprediksi, laga akan berjalan sangat ketat dengan sedikitnya gol yang tercipta. Inggris diyakini tak akan begitu saja menyia-nyiakan peluang emas untuk merengkuh trofi bergengsi internasional sejak Piala Dunia 1966.

The Three Lions pun akan mempersiapkan laga ini dengan sangat detail dan sempurna. Beruntung, mereka memiliki tiga modal kuat untuk bisa menjungkalkan Italia di final Euro 2020. Apa saja itu?

1. Pertahanan Kokoh

Betul bahwa Italia memiliki duet Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci di lini belakang mereka. Namun, performa lini belakang Inggris di Euro 2020 ini benar-benar istimewa.

Sejak babak penyisihan grup sampai menjelang final, Inggris cuma kebobolan satu gol saja. Padahal, dalam perjalanannya, The Three Lions bersua tim-tim kuat macam Jerman, Ceko, Kroasia, dan Denmark.

Dari enam laga yang sudah dilakoni, Inggris cuma kebobolan satu gol saat melawan Denmark. Gol itu pun tercipta lewat skema tendangan bebas, bukan open play.

Pertahanan kokoh Inggris sendiri sebagai buah dari taktik Gareth Southgate yang memainkan enam pemain bertipe bertahan, yakni empat bek dan dua gelandang jangkar.

Aroma Man City dan Man United begitu kental di pertahanan Inggris yang dihuni oleh bintang-bintang pilihan seperti Harry Maguire, Luke Shaw, Kyle Walker, dan John Stones.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%