Bola Internasional

Euro 2020: Inggris Dibikin Panik! Foden Cedera, Terancam Absen Lawan Italia

Minggu, 11 Juli 2021 09:03 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor:
© Mike Egerton/PA Images via Getty Images
Skuat Timnas Inggris di Euro 2020. Copyright: © Mike Egerton/PA Images via Getty Images
Skuat Timnas Inggris di Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Kabar tak sedap menghampiri kubu Timnas Inggris jelang final Euro 2020 melawan Italia, di mana pemain andalan mereka, Phil Foden yang dilaporkan cedera.

Cedera yang didapat dari pemain milik Man City itu terjadi ketika latihan. Di saat para penggawa Three Lions mulai menjalani sesi latihan dalam tahap selanjutnya, Foden kedapatan hanya duduk saja di pinggir lapangan sambil memegangi kakinya.

Menanggapi hal itu, pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate menegaskan jika Foden hanya cedera ringan dan beruntung tidak harus menjalani proses pemulihan yang cukup lama.

© Sky Sports
Phil Foden, gelandang serang Timnas Inggris di Euro 2020. Copyright: Sky SportsPhil Foden, gelandang serang Timnas Inggris di Euro 2020.

Meski demikian, Southgate mengaku jika pemain berusia 21 tahun itu diragukan tampil saat melawan Italia di final Euro 2020 nanti.

“Cedera yang ia alami itu termasuk cedera ringan, tapi dia masih diragukan untuk tampil. Kami bakal terus memeriksanya lebih lanjut, kita lihat saja nanti apakah dia bisa dimainkan atau tidak,” tutur Southgate kepada BBC.

© Mike Egerton/PA Images via Getty Images
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate merayakan kemenangan setelah peluit akhir dibunyikan pada pertandingan babak 16 besar UEFA Euro 2020 Copyright: Mike Egerton/PA Images via Getty ImagesPelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate merayakan kemenangan setelah peluit akhir dibunyikan pada pertandingan babak 16 besar UEFA Euro 2020

Dengan demikian, Phil Foden hanya bisa dipastikan tidak tampil sebagai starter saat melawan Italia nanti.

Parahnya, mungkin ia tidak akan dimainkan dan hanya menjadi penghias bangku cadangan, meski peranannya cukup dibutuhkan dalam pertandingan penting ini.

Jika memang nantinya Phil Foden harus absen, mungkin Southgate dan Timnas Inggris hanya mendapatkan sedikit kerugian saja.

Pasalnya, Three Lions masih memiliki sejumlah pemain berkualitas lainnya yang mampu menggantikan pemain jebolan akademi Man City tersebut.

Masih ada Jack Grealish, Bukayo Saka, Jadon Sancho, termasuk Marcus Rashford yang bisa bermain di posisinya.