Liga Indonesia

3 Klub Liga 1 dengan Rata-rata Pemain Termuda, Ada Bek Tangguh 15 Tahun

Kamis, 15 Juli 2021 09:44 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Persebaya Surabaya.
Pemain Persebaya berlatih di stadion gelora 10 November Surabaya. Copyright: © Persebaya Surabaya.
Pemain Persebaya berlatih di stadion gelora 10 November Surabaya.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah klub Liga 1 yang memiliki rata-rata pemain paling muda. Bahkan, ada tim yang sudah mengandalkan bek berusia 15 tahun dan main di tim senior.

Dengan bekal sederet pemain muda, klub Liga 1 berikut ini berharap ada titik terang untuk proyeksi jangka panjang, dan suatu saat bisa mengangkat trofi juara.

Namun, bagaimana jika klub Liga 1 sudah mengandalkan pemain belia, bahkan ada tim yang berani mengandalkan pemain berusia 15 tahun untuk kompetisi kasta tertinggi.

Berikut ini INDOSPORT.com merangkum tiga tim dengan rata-rata pemain termuda di Liga 1, dan siapa saja pemain paling muda tersebut.

1. Barito Putera (23,8)

Sudah menjadi rahasia umum jika Barito Putera adalah tim yang paling berani untuk mengandalkan pemain muda untuk Liga 1. Rata-rata pemainnya berusia 23,8 tahun.

Sejumlah pemain muda ini direkrut dari akademi mereka sendiri, namun ada pula beberapa pemain tim lain yang lolos melalui talent scouting manajemen Laskar Antasari.

Selain merekrut M. Luthfi Kamal dan Miftah Anwar Sani jelang Liga 1 2021, Barito Putera sebelumnya juga mengikat kontrak dengan Ardiansyah Pramesthu dan Nyoman Paul Aro.

Sisanya, manajemen Barito Putera merekrut pemain jebolan akademi Liga 1 U-16, U-18 dan U-20. Sebut saja Muhammad Firly, Alif Jaelani Ruslan, dan Aditiya Daffa Al-Haqi.

Namun tahukah kamu, salah satu pemain andalan Barito Putera di lini pertahanan, kini baru berusia 15 tahun, yaitu Alexandro Felix Kamuru, yang juga pemain Timnas U-16.

Selain dibina oleh pelatih berpengalaman, Djajang Nurdjaman, Alexandro Kamuru juga mendapat materi khusus dari bek asal Brasil yang membela Barito Putera, Cassio de Jesus.

Di bawah komando Cassio yang dijuluki sebagai benteng kokoh Laskar Antasari, seperti apa performa Alex Kamuru di Liga 1?

2. Persebaya Surabaya (24)

Tak jauh berbeda dengan Barito Putera, Persebaya Surabaya juga menggunakan seabrek pemain muda untuk Liga 1 2021, dengan rata-rata pemain berusia 24 tahun.

Menariknya, beberapa pemain muda Green Force ini juga berstatus sebagai pemain Tim Nasional Indonesia, seperti Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Ernando, Supriadi, dan lain-lain.

Bahkan, pemain Timnas U-16 dan jebolan Garuda Select di Inggris juga tak luput dari tawaran kontrak jangka panjang. Pemain termuda jatuh kepada Marselino Ferdinand.

Saat ini, Marselino masih berusia 16 tahun. Rekannya di Timnas U-16, Ruy Arianto, juga baru berusia 17 tahun saat menandatangani kontrak untuk main di tim senior Persebaya.

Sementara pemain jebolan Garuda Select, Fernando Pamungkas, kini masih berusia 18 tahun, namun Nando telah menandatangani kontrak hingga tahun 2025 mendatang.