Bola Internasional

Apa Kabar Fabio Grosso, Pahlawan Piala Dunia yang Terlupakan di Inter

Sabtu, 17 Juli 2021 19:24 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© FIFA
Selebrasi Timnas Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006. Copyright: © FIFA
Selebrasi Timnas Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006.

INDOSPORT.COM - Masih ingatkah dengan Fabio Grosso, pahlawan Timnas Italia di Piala Dunia 2006 sekaligus eks pemain Inter Milan dan Juventus?

Bagaimana ya kabarnya sekarang?

Bertahun-tahun lalu, Gli Azzurri pernah begitu berjaya di ajang Piala Dunia dengan memenangkan gelar keempat mereka pada gelaran 2006 silam. Saat itu, mereka menumpas Prancis lewat drama adu penalti 5-3.

Pertandingan Italia vs Prancis di final Piala Dunia 2006 memang meninggalkan banyak cerita menarik, termasuk insiden tandukan Zinedine Zidane ke Marco Materazzi yang akan terus dikenang sepanjang masa.

Kisah lainnya pun juga datang dari sosok Fabio Grosso, yang tampil sebagai pahlawan bagi timnya saat momen-momen adu penalti yang mendebarkan.

Italia dan Prancis bisa dibilang dua tim yang sama kuat pada waktu itu, bahkan laga final mereka harus berakhir dengan skor 1-1 usai babak perpanjangan waktu.

Grosso tampil sebagai eksekutor terakhir saat adu penalti yang berhasil menyarangkan bola ke gawang Prancis, melengkapi keberhasilan empat penendang sebelumnya: Andrea Pirlo, Marco Materazzi, Daniele de Rossi, dan Alessandro Del Piero.

Selain menjadi penentu penting di partai puncak Piala Dunia 2006, Grosso juga berkontribusi besar ketika Timnas Italia menghajar Jerman saat semifinal.

Satu golnya saat extra time memecah kebuntuan Gli Azzurri yang kemudian unggul sementara dengan skor 1-0. Sejurus kemudian, Alessandro Del Piero pun memastikan angka di papan skor berubah menjadi 2-0.

Benar-benar semifinal dan final yang dramatis bagi Timnas Italia di Piala Dunia 2006, yang tentunya bakal diingat selamanya oleh seorang Fabio Grosso.

Nah, walaupun mencicipi kesuksesan bersama Timnas, ternyata nasib pria yang satu ini kurang begitu baik ketika ia membela Inter Milan.

Ia bergabung dengan Nerazzurri pada bulan yang sama saat memenangkan Piala Dunia 2006, dengan harapan bisa melanjutkan nasib baik usai menang trofi di Olympiastadion, Berlin, bersama skuat Marcello Lippi.