Bola Internasional

Deretan Pemain Inggris yang Bisa Dibajak Jamaika, Auto Lolos Piala Dunia 2022?

Sabtu, 17 Juli 2021 10:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Jamaika memang bukan negeri sepak bola. Namun, negara asal Kepulauan Karibia ini bisa saja berprestasi andai mampu membajak 11 pemain yang berpotensi masuk tim nasional Inggris.

Naturalisasi merupakan sebuah hal wajar di sepak bola. Hal tersebut pun menjadi acuan Jamaika untuk berkembang di lapangan hijau, yakni dengan menaturalisasi para pemain yang berkebangsaan Inggris.

Jamaika memegang prinsip yakni hanya menaturalisasi pemain yang benar-benar memiliki darah Jamaika. Dan siapa sangka, sebagian besar ada di Inggris.

Di tim nasional Inggris saat ini bahkan seperempat dari skuatnya memiliki darah dari negara Kepulauan Karibia. Sebagai contoh, ada Raheem Sterling yang berdarah Jamaika.

Presiden sepak bola Jamaika, Michael Ricketts, tak menampik bahwa saat ini dirinya dan Asosiasi Sepak Bola Jamarika (JFF) tengah gencar melakukan naturalisasi pemain, yang utamanya bermain di Inggris.

“Ada Andre Gray, Mason Holgate, Nathan Redmond, Ivan Toney, semuanya sedang dalam proses mendapat paspor Jamaika,” tutur Michael Ricketts.

Nama-nama di atas sebagian bermain untuk tim Inggris. Holgate bermain untuk Everton, lalu Redmond bersama Southampton dan ada Ivan Toney yang bermain untuk Brentford dan berstatus top skor Divisi Championship musim lalu.

Namun, nama terakhir yakni Ivan Toney mengaku menolak berganti kewarganegaraan ke Jamaika mengingat ia masih memiliki peluang membela Inggris di pentas internasional.

Dengan proses naturalisasi ini, Jamaika pun menargetkan bisa lolos ke Piala Dunia 2022. Sejauh ini, di skuat Reggae Boyz telah diperkuat sebagian pemain Inggris seperti Michael Hector, Liam Moore, dan Adrian Mariappa.

Jika berpatokan dengan prinsip harus memiliki darah Jamaika, maka 11 pemain Inggris ternama yang belum membela tim nasional ini bisa saja bergabung dengan Reggae Boyz. Lantas, siapa saja mereka?