Panggil Pedri Ke Olimpiade, Federasi Spanyol Tuai Kecaman Bos Barcelona

Minggu, 18 Juli 2021 13:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Eric Alonso/Getty Images
Pedri, pemain muda Barcelona. Copyright: © Eric Alonso/Getty Images
Pedri, pemain muda Barcelona.

INDOSPORT.COM - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, menyampaikan keluh kesahnya terhadap sikap kukuh federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) yang tetap memanggil Pedri ke Olimpiade. Ia khawatir sang pemain tidak dalam kondisi bugar menjelang musim baru.

Ketakutan Koeman bisa dimaklumi mengingat Pedri baru saja menjalani musim yang panjang dengan Barcelona di 2020-2021. Remaja berusia 18 tahun tersebut total kebagian 46 kali jatah bertanding di semua ajang dalam musim perdananya berbaju Los Cules.

Perfoma stabil di level klub pun membuat Pedri didaftarkan ke Euro 2020 untuk memperkuat Spanyol. Hasilnya, pemuda kelahiran Tenerife tersebut menjadi pemain inti dalam enam laga yang dilakoni La Furia Roja hingga ke semifinal.

Mengingat tubuhnya masih dalam tahap pertumbuhan, terlalu banyak jam terbang justru bisa menjadi bumerang bagi Pedri. Apa daya, Koeman dan Barcelona tidak kuasa menahan eks Las Palmas tersebut.

"Dua turnamen besar berturut-turut itu telalu banyak. Bukan hanya saya yang beranggapan seperti itu. Dia hampir selalu bermain, begitu pula di Euro 2020," ujar Ronald Koeman seperti dilansir Goal.

"Berangkat ke Jepang (Olimpiade 2020) setelah hanya istirahat empat hari bukan sesuatu yang ideal. Saya memahami rasa laparnya, namun klub juga harus melindungi pemain," tambah pelatih berpaspor Belanda tersebut.