Bola Internasional

Dua Jebolan Akademi Barcelona Siap Bersinar di Olimpiade Tokyo 2020

Sabtu, 24 Juli 2021 17:00 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Pedro Salado/Quality Sport Images/Getty Images
Eric Garcia, jebolan akademi Barcelona di Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © Pedro Salado/Quality Sport Images/Getty Images
Eric Garcia, jebolan akademi Barcelona di Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Dua jebolan akademi Barcelona yakni Eric Garcia dan Takehiro Tomiyasu, siap bersinar di Olimpiade Tokyo 2020.

Cabang olahraga sepak bola putra, sampai tulisan ini dibuat, masih bergulir. Jadwal pun masih berkutat pada fase penyisihan grup yang matchday pertamanya telah dimainkan pada Kamis (22/07/21).

Pada laga perdana, baik Timnas Spanyol maupun Jepang yang diwakili dua pemain di atas, menorehkan hasil lumayan. La Roja bermain imbang lawan Mesir sedangkan Samurai Biru menekuk tipis Afrika Selatan 1-0.

Eric Garcia sendiri belum lama ini baru saja kembali ke Barcelona usai merantau ke Liga Inggris bersama Manchester City. Kedatangannya diresmikan tidak lama setelah Sergio Aguero merapat dari klub yang sama.

Dalam rilis resminya, Barcelona dan Eric Garcia telah mencapai kesepakatan transfer, terhitung mulai 1 Juli ketika kontrak sang pemain dengan Manchester City berakhir.

Namun ada hal yang cukup unik di dalam kontrak Garcia yang berdurasi selama lima musim itu. Pasalnya, Barcelona memasukkan klausul rilis senilai 400 juta euro (sekitar Rp6,9 triliun) untuk memagarinya di Camp Nou.

Keputusan Barcelona untuk mendatangkan Garcia tentu erat kaitannya dengan keinginan mereka membina kembali para pemain akademinya. Seperti diketahui, skenario yang kurang lebih sama juga pernah terjadi pada Gerard Pique.

Eric Garcia sendiri menonjol sejak usia dini ketika ia bergabung dengan tim 'Dani Alves' di Barca Escola Barcelona pada September 2008.

Saking berbakatnya, ia pun diundang bergabung dengan tim U10B dan menjelma sebagai seorang pemimpin yang natural. Ia bahkan diangkat sebagai kapten untuk semua tim yang pernah dimasukinya.

Sebelum melakoni musim anyar bersama Barcelona, Eric Garcia terlebih dahulu ‘memanaskan mesin’ dengan membela Timnas Spanyol di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Ini akan jadi ajang pembuktian diri baginya setelah menyodok masuk skuat La Roja senior untuk gelaran Euro 2020. Jika tampil impresif, jalannya untuk jadi reguler di tim utama Barcelona pun pasti terbuka lebar.