In-depth

Bedah Kualitas Sardar Azmoun, Messi dari Iran yang Jadi Buruan AS Roma

Minggu, 25 Juli 2021 19:40 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Iran Football Press
Sardar Azmoun saat memperkuat Timnas Iran.  Copyright: © Iran Football Press
Sardar Azmoun saat memperkuat Timnas Iran.
Bedah Kualitas Sardar Azmoun

Sardar Azmoun lahir di Golestan, Iran, pada 1 Januari 1995. Pemain bertinggi 186cm ini mengawali karier sepak bola di klub lokal Etka Youth sebelum hijrah ke raksasa Iran, Sepahan FC di usia remaja.

Kehebatan Sardar Azmoun sebagai striker sudah mulai tercium kala ia memperkuat tim Sepahan FC junior. Dari situ, raksasa Rusia, Rubin Kazan, pun tertarik untuk mendatangkannya.

Akhirnya Sardar Azmoun bergabung dengan tim Rubin Kazan II di Liga Rusia. Dari lima laga yang telah dijalani, ia langsung memborong empat gol.

Maka, tak butuh waktu lama, ia langsung bergabung dengan tim senior Rubin Kazan pada 2013. Penampilannya di Rubin Kazan terbilang cukup baik walau tak begitu menonjol.

Sardar sempat dipinjamkan ke klub FK Rostov selama beberapa musim. Total, selama di Rubin Kazan, Sardar Azmoun bermain sebanyak 77 kali dengan mencetak 17 gol dan 14 assist.

Sementara di FK Rostov ia main 77 kali dengan kontribusi 25 gol dan 4 assist. Penampilan Sardar Azmoun di dua klub ini membuat jawara Liga Rusia, Zenit St. Peterburg kepincut.

Azmoun diboyong ke Zenit pada Februari 2019 dengan mahar 12 juta euro. Performa sardar Azmoun pun meningkat tajam.

Sampai saat ini ia sudah bermain 85 kali untuk Zenit dengan catatan 54 gol dan 19 assist. Selama membela Zenit, ia meriah hattrick juara Liga Rusia, 2 Piala Rusia, dan masing-masing satu kali sebagai top skor dan pemain terbaik Liga Rusia.

Kehebatannya jelas dimanfaatkan dengan baik oleh Iran. Di level tim nasional, ia mengoleksi 34 gol dari 52 caps.

Catatan statistik ini sudah cukup untuk membuat klub-klub besar Eropa, termasuk AS Roma, kepincut untuk mendatangkannya.

Sardar Azmoun merupakan seorang predator sejati di kotak penalti lawan. Kekuatan terbesarnya adalah dalam hal penyelesaian akhir.

Terutama sekali kemampuan bola udaranya yang sangat baik. Ia juga tak jarang melakukan dribel-dribel kunci serta membantu mengirimkan umpan-umpan terukur bagi rekan-rekannya.

Sardar Azmoun memiliki profil sempurna sebagai pengganti Edin Dzeko di tim AS Roma pada bursa transfer kali ini. Ia akan berguna untuk AS Roma di musim-musim yang akan datang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%